Enaknya Saat Kulit Menggelap Setelah Liburan

Kulit menggelap karena liburan bisa jadi pengalaman yang mengasyikan lho! Kita bisa mengeksplor makeup yang jarang digunakan atau nggak terlalu cocok untuk kulit terang kita yang biasanya.

Kulit saya biasanya bisa dibilang cenderung terang, walau nggak terlalu putih atau terang sekali. Tapi gara-gara liburan ke pantai, saat ini kulit saya sedang menggelap. Bukan cuma setingkat lebih gelap ya, tapi benar-benar menggelap, mungkin tiga tingkat lebih gelap dari kulit saya yang biasanya. Saya sendiri sih nggak masalah dengan kulit yang menggelap. Selama tetap sehat dan terawat, menurut saya warna kulit apapun tetap akan terlihat cantik. Bahkan saya sedang senang-senangnya mengeksplor warna-warna makeup yang lebih cocok untuk tanned skin saya.

Baca juga: Bagaimana Saya Mencintai Kulit Sawo Matang

Beberapa pilihan warna makeup yang biasanya saya suka, ternyata nggak cocok lagi digunakan karena kulit saya menggelap. Tapi nggak sedih juga sih, karena beberapa makeup yang jarang saya pakai malah sekarang terasa pas sekali. Jadi momen kulit saya menggelap ini sekalian saya pakai untuk merotasi koleksi makeup yang saya pakai.

makeup kulit menggelap (3)

Base Makeup

Menggunakan foundation yang terlalu terang adalah sebuah kesalahan besar! Bukannya bikin kulit kelihatan cerah, malah akan membuat wajah terlihat abu-abu dan kotor. Saya sendiri sebenarnya nggak begitu yakin kulit gelap saya akan bertahan lama, karena aktivitas saya di Jakarta kebanyakan dilakukan di dalam ruangan. Makanya saya enggan membeli foundation baru. Saya lebih memilih mencampur foundation saya yang biasanya dengan concealer warna gelap yang biasanya saya pakai untuk shading dalam. Atau kalau mau, sekarang sudah ada produk foundation customizer, yang fungsinya untuk mengoreksi warna foundation yang terlalu terang.

Jangan lupa juga untuk mengubah warna concealer dan bedak yang kita pakai.  Kalau bedak, saya mencampurnya dengan bronzer atau shading powder, sebelum diaplikasikan di wajah.

Kalau mau mempergelap base makeup seperti ini, yang harus diperhatikan adalah jangan mengubah undertone-nya. Misalnya kulit dan foundation-mu mempunyai yellow undertone, jangan mencampur foundation tersebut dengan dark concealer yang memiliki undertone pink atau kemerahan, karena hasilnya pasti akan aneh dan tetap abu-abu meskipun shade skintone-nya sudah pas.

Produk Contouring

Bila memakai shade yang biasanya saya pakai, shading yang saya aplikasikan malah nggak terlihat, karena sekarang warnanya jadi sama dengan kulit saya. Jadi mau nggak mau, produk contouring  juga harus dipergelap shade-nya.

 makeup kulit menggelap (1)

Lipstik

Untuk penggemar nude lipstick, mungkin akan mengalami apa yang saya alami, yaitu koleksi nude lipstick yang biasanya jadi andalan menjadi terlalu pucat ketika digunakan. Saya sendiri menjadikan momen ini untuk merotasi koleksi lipstik saya. Lipstik-lipstik warna kecoklatan dengan hint orange yang agak gelap, yang biasanya saya hindari, saat ini malah menjadi warna lipstik andalan saya. Tapi tentunya shade lipstik yang cocok di masing-masing orang berbeda-beda ya. Saya sendiri perlu beberapa kali trial and error sebelum akhirnya menemukan shade lipstick yang lebih cocok.

Baca juga: Top 5 Nude Lipstick Untuk Kulit Sawo Matang

Blush 

Tadinya saya lebih suka menggunakan blush-on berwarna baby pink atau cool pink. Tapi sekarang, warna-warna tersebut sudah nggak cocok lagi di saya. Warna-warna peach ternyata lebih masuk untuk kulit saya saat ini. Blush on yang sedang jadi favorit saya saat ini adalah Nars Orgasm Blush.

Dulu saya membeli Nars Orgasm Blush karena penasaran dengan warnanya yang legendaris. Dan memang warnanya cantik sih, peachy pink dengan golden shimmer. Tapi warna tersebut menurut saya nggak terlalu istimewa sampai bisa se-hype itu. Tapi setelah kulit saya menggelap, saya baru tahu istimewanya! Ternyata Nars Orgasm tampak lebih flattering ketika digunakan pada kulit medium-dark. Golden shimmer-nya membuat warna kecoklatan di tulang pipi saya terlihat lebih menonjol.

IMG_0015

Warna kulit yang berubah ini malah membuat saya bisa mengeksplor dan menemukan sisi istimewa dari produk-produk makeup yang saya miliki, yang tadinya biasa-biasa saja dan jarang digunakan. Jadi jangan terlalu takut kalau kulit berubah warna dan menggelap. Selama kulit sehat dan terawat dengan baik, pasti akan tetap terlihat cantik, apalagi kalau didukung dengan makeup yang tepat.

Apakah kamu pernah mengalami kulit menggelap karena liburan? Share pengalamanmu yuk!