Plus-Minus Face Oil sebagai Makeup

Ada yang ingin membeli face oil tapi masih ragu-ragu? Jangan ragu lagi ya, karena produk face oil sangat multifungsi. Selain sebagai skincare, face oil juga bisa digunakan sebagai makeup lho! 

Saya newbie dalam hal penggunaan face oil. Memang baru akhir-akhir ini saja saya mulai menambahkan face oil, tepatnya argan oil, dalam rutinitas skincare malam saya. Untuk kulit saya yang jenisnya kering, face oil ini benar-benar memberikan perubahan yang signifikan pada kulit saya. Sejak rutin memakai face oil, kulit saya jadi lebih lembap, teksturnya lebih lembut, dan makeup yang saya pakai di pagi hari jadi lebih menempel dan tahan lama.

Baca juga: 4 Cara Menggunakan Face Oil agar Bekerja Maksimal

Saya juga punya tips untuk yang ingin mencoba menggunakan face oil, tapi masih belum terbiasa dan merasa terlalu greasy bila digunakan langsung. Caranya adalah dengan mencampurkan satu atau dua tetes face oil ke moisturizer yang akan kita pakai. Campurkan di tangan, lalu oleskan ke wajah. Saya suka pakai cara ini untuk memakai face oil di pagi hari, saat kulit saya sedang dalam kondisi sangat kering dan butuh kelembapan ekstra.

faceoil-makeup (1)

Produk face oil ini juga multifungsi lho! Selain digunakan sebagai skincare, face oil juga bisa digunakan sebagai makeup. Pertama adalah sebagai campuran foundation. Caranya persis seperti cara mencampurkan face oil dengan moisturizer, yaitu tambahkan satu atau dua tetes face oil pada foundation yang akan kita pakai.

Mencampur face oil ke dalam foundation yang akan kita pakai, bisa memberikan banyak manfaat. Kalau foundation yang kita pakai teksturnya terlalu thick, face oil akan membuat foundation lebih encer dan mudah dibaurkan. Untuk pemilik kulit kering seperti saya, face oil ini juga membantu agar foundation yang saya pakai tidak cracking atau pecah pada dry patch area.

Cara ini juga akan menghasilkan finish foundation yang lebih dewy, seperti hasil makeup khas Asia. Saya sering sekali mencampurkan face oil ke dalam foundation, untuk mengakali foundation yang teksturnya matte-finish. Saya memang kurang suka dengan hasil foundation yang matte, karena menurut saya membuat penampilan saya terlihat lebih tua dan tidak segar.

Tapi sayangnya, mencampur face oil dengan foundation sepertinya memang bukan untuk semua orang. Beberapa teman saya yang mencoba mengikuti cara saya ini, malah mengalami foundation-nya mudah terhapus dan meleleh. Jadi memang tergantung jenis kulit dan juga produk foundation yang dipakai ya.

faceoil-makeup (2)

Bila kamu termasuk yang nggak cocok menggunakan foundation yang dicampur dengan face oil, atau bila kamu nggak suka dengan tampilan yang glowy pada seluruh wajah, face oil ini bisa digunakan di beberapa tempat saja seperti highlighter. Caranya adalah dengan mengoleskan sedikit face oil pada area-area yang ingin ditonjolkan, misalnya pada tulang pipi dan tulang hidung, setelah selesai makeup. Penggunaan face oil sebagai pengganti highlighter ini membuat wajah kita terkesan glowing natural, seakan-akan memang bersinar dari dalam.

Terkadang saya juga memakai cara ini. Tapi saya sendiri lebih suka mencampurkan foundation dengan face oil, dan kemudian saya pakai ke seluruh wajah. Dengan cara tersebut, di kulit kering saya, foundation jadi lebih menempel dan terlihat lebih menyatu dengan kulit wajah.

Baca juga: Rekomendasi Face Oil di Bawah 350 Ribu

Jangan ragu untuk membeli face oil yah! Karena selain banyak manfaatnya untuk kulit, produk skincare yang satu ini memang multifungsi ;).