Beda Bentuk, Beda Juga Fungsi Makeup Sponge

Makeup sponge itu banyak banget bentuknya, tapi apakah fungsinya sama atau beda? Yuk, cari tahu fungsi makeup sponge.

Sebelum kemunculan Beauty Blender rasanya saya jarang, malah bisa dibilang nggak pernah, menggunakan makeup sponge untuk mengaplikasikan foundation. Kalau pun sampai punya, biasanya makeup spons ini saya gunakan untuk membuat gradient nail art. Nah, setelah saya punya Beauty Blender dan Real Techniques Miracle Sponge dibeberapa kesempatan saya lebih memilih untuk menggunakan spons sntuk meratakan foundation ketimbang dengan brush. 

Baca Juga : Beauty Blender Makeup Sponge Makeup Mungil Serbaguna

Penggunaan makeup sponge kembali populer berkat Beauty Blender kemudian diikuti brand lain dalam bentuk yang beragam dengan fugnsi yang berbeda pula. Nah cari tahu yuk apa sih beda dan fungsi dari masing-masing spons ini:

wedges makeup sponge

Wedges Makeup Sponge 
Spons yang berbentuk segitiga atau dikenal dengan nama wedge sponge ini memiliki permukaan yang smooth dan tidak memiliki pori-pori. Jadi idealnya digunakan untuk mengapalikasikan bedak padat atau bedak tabur untuk baking. Sebenarnya bisa sih, dipakai untuk mengaplikasikan foundation, hanya saja hasilnya kurang smooth dan sulit menjangkau area wajah seperti area sudut mata. Harga spons seperti ini biasanya harganya sangat terjangkau dan biasanya juga hanya digunakan satu kali saja dan langsung dibuang, so this is the ideal traveling makeup sponge. 

Baca Juga: Hasil Dupe Beauty Blender di Bawah 50 Ribu

 

 

 

Round Makeup Sponge

Egg Makeup Sponge
Also known as Beauty Blender. Spons ini dibuat dari bahan seperti busa sehingga memiliki pori-pori kecil yang ideal digunakan untuk produk makeup yang cair atau cream. Dengan menggunakan egg sponge meratakan foundation jauh lebih cepat dan hasilnya juga lebih flawless seperti menggunakan airbrush makeup.

Untuk mengaplikasikan foundation yang digunakan adalah bagian round, sedangkan untuk sisi yang runcing digunakan untuk mengaplikasikan concealer pada area under eye atau sudut-sudut wajah. Down side-nya dari spons ini adalah high maintenance which is tempat menyimpannya harus yang bersih dan nggak kedap udara, karena kalau ditaruh sembarangkan spons bisa menjadi sarang jamur.

 

Mini makeup sponge

Mini Sponge
Nah, sesuai nama dan ukurannya spons ini cocok digunakan untuk mengaplikasikan makeup seperti concealer atau foundation pada area-area kecil di wajah, misalnya pada area under eye, samping hidung, atau untuk mengaplikasikan concealer pada area jerawat. Kalau mini spons memang belum banyak bentuknya nih, karena sejauh ini yang baru mengeluarkan hanyalah Beauty Blender dan Real Tecnhiques. Bedanya kalau Mini Eraser Sponges dari Real Techniques memiliki permulaan rata yang bisa digunakan juga untuk setting concealer dengan loose powder.