5 Lipstik Merah Paling Legendaris

Lipstik merah adalah produk makeup paling ikonik sepanjang masa. Sekeren apapun mascara atau foundation keluaran terbaru, lipstik merah akan selalu jadi benda wajib yang akan terus menghiasi makeup pouch dan vanity para beauty junkies.

Bicara tentang warna merah, semua orang punya shade “merah” mereka masing-masing. Tiga tim editorial FD, saya, Netta, dan Ochell paling suka dengan lipstik merah dengan cool undertone karena bisa bikin kulit dan gigi kelihatan lebih putih. Kalau Tia, Senior Graphic Designer FD, lebih suka warna merah yang agak oranye dan Santi, Content & Relations Manager FD paling suka warna true red yang nggak condong ke warm atau cool undertone. See, everyone has their own shade!

Berhubung lipstik merah adalah ikon segala kosmetik, ada banyak sekali lipstik merah legendaris yang ada di luar sana. Legendaris dalam artian ketika ditanya “What is the ultimate red lipstick?”, lipstik inilah yang paling banyak disebut.

1. M.A.C Retro Matte Lipstick – Ruby Woo

mac_sku_M0N904_640x600_0Launched in 1999, Ruby Woo is everyone’s favorite red lipstick. Ruby Woo adalah lipstik paling populer dari lini Retro Matte dan salah satu produk paling populer dari M.A.C yang masih ramai dibeli sampai sekarang. Bahkan di situs resmi M.A.C, Ruby Woo dideskripsikan sebagai “The iconic product that made M.A.C famous:D Warna Ruby Woo lebih condong pada cool red dengan tekstur matte finish. Meskipun beberapa FD members mengatakan kalau teksturnya agak kering di bibir, tetapi Ruby Woo tetap merupakan lipstik merah spesial yang pantas mendapatkan reputasinya.

2. YSL Rouge Pur Couture – 01 Le Rouge

ysl rouge pur couture 01This one takes us back to 1978, where Yves Saint Laurent first launched the first Rouge Pur Couture collection. Dengan teksturnya yang satin, shade 01 Le Rouge ini sangat lembap dipakai di bibir, apalagi dengan warna blood red yang netral di semua warna kulit. Ada aroma bunga yang khas lipstik YSL, membuat lipstik ini semakin luxurious mengingat packaging-nya yang juga sangat cantik. Satu hal yang saya suka dari banget dari lipstik ini adalah setelah beberapa jam pemakaian, warnanya meninggalkan stain kemerahan yang natural di bibir.

Baca juga: Lipstick Monday: YSL Rouge Pur Couture Kiss & Love Limited Edition

3. Chanel Rouge Allure Velvet – 38 La Fascinante

chanel benerUntuk lipstik merah, tingkat pigmentasi jadi faktor penentu paling penting. Secantik apapun warna merahnya, kalau teksturnya susah diratakan, streaky, dan menonjolkan kulit kering di bibir maka nggak akan kelihatan bagus juga di kulit. Chanel Rouge Allure Velvet terkenal akan formula semi matte-nya yang super nyaman dipakai dan shade 38 La Fascinante adalah shade favorit dari lini ini. Warna merahnya cenderung deep red dengan pink undertone yang kalau menurut Nopai, Operational Director FD, kalau sudah agak memudar lalu di-touch up justru akan semakin bagus! Ini juga merupakan lipstik merah favorit Nopai karena selain teksturnya yang smooth, dipakai seharian nggak membuat bibir kering.

4. Lime Crime Velvetines – Red Velvet

RTyX9tD4QOcngV6ojqIxXVTOFbvXnhvm-34Waaaaay before all the liquid lipstick madness, one of the first liquid lipstick I’ve encountered is Lime Crime Velvetines series. Saya ingat banget waktu seri Velvetines ini pertama kali booming tahun 2012 lalu, semua orang langsung heboh ngomongin “liquid lipstick yang tahan lama banget, nggak ilang-ilang di bibir, tapi mahal dan nggak ada di Indonesia.” Wew, bahkan kakak saya yang nggak hobi makeup pun nanya, Lime Crime apaan sih, kok kayaknya rame banget diomongin. Hype ini bukan berarti tanpa alasan, karena shade Red Velvet ini juga memiliki warna bright red yang bold dan eye-catching banget di bibir. Staying power-nya juga nggak usah diragukan lagi karena FD members yang me-review lipstik ini juga mengakui kalau formulanya awet dan tahan lama.

Namun, entah cuma perasaan saya saja atau Lime Crime sekarang sudah redup masanya? Mungkin juga karena kasus surat teguran dari FDA yang sempat ramai tahun lalu, tapi apakah demand-nya juga sudah nggak sebanyak waktu awal-awal muncul? Hmm..

5. Stila Stay All Day Liquid Lipstick – Beso

stila_stay-all-day-liquid-lipstick_beso_pd-open_1500x1500_1

Funnily enough, ada beberapa orang yang bilang kalau Stila Stay All Day Liquid Lipstick shade Beso ini warnanya mirip dengan Lime Crime Red Velvet. Beso adalah shade statement red yang klasik dan netral di bibir. Warna merahnya bright dan teksturnya juga super pigmented. Beberapa FD members suka banget dengan formulanya yang creamy, gampang dipakai, dan nggak cracking setelah dipakai berjam-jam. Wanginya juga enak! :D

Jadi gimana, ada nggak di antara lima lipstik merah ini yang jadi favorit kamu? Share di comment box, ya!