banner-detik

lips

Lime Crime, Lipstick yang Sarat Kontroversi

seo-img-article

Sejak beberapa waktu lalu, saya mendapat info bahwa brand kosmetik Lime Crime tengah dibelit berbagai kasus. Dan baru-baru ini, Lime Crime mendapat surat peringatan dari FDA, Badan Pengawas Obat dan Makanan di Amerika. Apa sebenarnya yang terjadi dengan lipstick ternama ini?

Berita kontroversial mengenai brand kosmetik indie, Lime Crime mendapat surat peringatan dari FDA mengenai bahan berbahaya yang terkandung di dalam seri Velvetines Liquid Matte Lipstick, khususnya Red Velvet, sudah menyebar sejak kemarin pagi. Saya yakin, pasti setiap orang memiliki satu produk dari seri Velvetine ini di dalam makeup pouch-nya. Seri Velvetines Liquid Matte Lipstick sendiri, memang adalah rangkaian produk liquid matte lipstick pertama dari Lime Crime yang booming. Lalu mulailah banyak brand lain ikut mengeluarkan liquid matte lipstick.

DSCF2138

Lalu apa sih, masalah utama dari Lime Crime ini? Ternyata dalam produk Red Velvet Liquid Matte Lipstick ini terdapat kandungan ferric ferrocyanide dan ultramarines. Kedua bahan ini memang umum digunakan sebagai zat pewarna kosmetik, tetapi bukan untuk lipstik. Mengapa? Karena jika zat ini digunakan dalam lipstik, maka resikonya tinggi untuk terserap ke dalam tubuh dan menimbulkan iritasi.

Jadi, apakah Lime Crime Velvetines ini berbahaya? Ya, belum terbukti. FDA sendiri baru mengirim surat peringatan ini kepada Lime Crime berdasarkan daftar kandungan yang tertera pada kemasannya. FDA belum melakukan tes laboratorium apapun terhadap produk-produk Lime Crime.

Menanggapi hal ini, pihak Lime Crime mengatakan bahwa terjadi kesalahan tulis pada label kandungan bahan produk-produknya. Setelah saya cek, dua zat: ferric ferrocyanide dan ultramarines tidak hanya terdapat di seri Velvetines dengan shade Red Velvet, tapi juga ada pada Riot.

DSCF2135

Kalau penasaran ingin tahu surat peringatan terhadap Lime Crime, bisa dibaca di sini

Saya sendiri sudah mulai berhenti membeli produk Lime Crime sejak mendengar banyak berita kontroversial seputar brand ini. Mulai dari produk mereka tidak vegan karena menggunakan beeswax dari lebah. Lalu ada juga berita tentang CEO Lime Crime yang tidak profesional saat menanggapi review negatif mengenai produknya.

Kesan saya terhadap liquid matte lipstick ini awalnya memang bagus, karena sangat pigmented sekali, kalau digunakan minum juga tidak akan menempel di gelas. Tapi begitu mendengar mengenai berita ini, saya 100% akan stop mendukung Lime Crime.

Brand Lime Crime ini, lumayan sering terkena masalah sejak muncul di pasaran. Yang jadi pertanyaan saya adalah, akankah brand ini akan terus bertahan dan masih adakah orang yang mau membeli produknya? Bagaimana pendapat kalian mengenai berita ini?

Slow Down

Please wait a moment to post another comment