banner-detik

korean corner

Beauty Trend: Cloudless Skin ala Korea, Realistis?

seo-img-article

Belum selesai mengintimidasi perempuan di seluruh dunia dengan konsep honey skin-nya, ada istilah baru lagi untuk kulit cewek-cewek Korea: cloudless skin!

Kalau honey skin menekankan pada healthy glow sebagai tanda kulit yang sehat, cloudless skin adalah ungkapan kulit yang bebas noda, dalam kata lain, complexion yang cerah dan bersih. Menurut Glow Recipe, definisi cloudless skin bertentangan dengan tampilan kulit yang kusam seperti langit sehabis hujan yang mendung, berawan, sampai-sampai kita “nggak bisa melihat matahari dan bintang.” Hahaha! Bahkan skincare pun bisa diromantisir kalau udah kena K-drama 😀

Meskipun bagi sebagian orang honey skin dan cloudless skin sama-sama susah dicapai, tapi keduanya tentu sama-sama punya motivasi yang bagus, yaitu kulit sehat in general. Empat konsep yang menjadi fokus utama cloudless skin adalah brightening, membersihkan pori-pori, menjaga moisture barrier, dan melawan radikal bebas dengan antioksidan.

jo_cloudless_1Foto

Mencerahkan

Rutin menggunakan serum vitamin C, sheet mask-ing minimal tiga minggu sekali, dan cekatan memilih skincare sesuai kondisi kulit adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan kulit cerah. Beberapa orang juga menggunakan face oil dengan bahan-bahan natural untuk tampilan “glow from within” yang sehat. Pada dasarnya, kulit harus lembap terlebih dahulu untuk bisa menampilkan pantulan cahaya saat berada di bawah sinar lampu atau matahari. So, dengan proper moisturization dan tambahan skincare pelengkap, kulit cerah pun nggak jadi impossible didapat.

Pori-pori Bersih

Ada dua rumus jitu supaya kotoran nggak mengendap di pori-pori, yaitu double cleansing + exfoliate. Semua kotoran dan sisa makeup harus terangkat dengan baik sebelum kulit dipakaikan skincare berlapis-lapis dan kadang kita butuh produk tambahan untuk membantu mengangkat sel kulit mati penyebab kusam.

Healthy moisture barrier

Kalau kamu sudah menggunakan pelembap dengan baik, menghindari produk-produk yang drying, dan menjaga kulit supaya nggka dehidrasi, kamu sudah dalam langkah menjaga kesehatan moisture barrier kulit. Skincare apapun yang membuat kulit cekit-cekit, seperti merasa terbakar, dan membuat gatal ataupun kemerahan sebaiknya dijauhi dan gunakan bahan-bahan seperti centella asiatica, aloe vera, ceramide, glycerin, atau rosehip oil yang memang terkenal memiliki fungsi skin-soothing. Supaya bisa tahu kadar kelembapan yang dibutuhkan kulit, jangan lupa cek artikel moisturizing vs hydrating berikut ini, ya.

Antioksidan

Seperti yang saya tulis di artikel tentang skincare ojek online, salah satu cara paling ampuh melawan environmental stress seperti polusi, asap, dan debu adalah menggunakan skincare yang kaya akan antioksidan. Tentu harus dibarengi dengan pola hidup sehat seperti rajin olahraga dan makan sehat juga, ya, karena skincare juga baru berfungsi dengan baik jika ada bantuan dari dalam. Last but not least, wearing a good quality sunscreen is also an important factor to prevent early signs of aging.

Apa cara kamu untuk mendapatkan cloudless skin yang realistis? 😀

Slow Down

Please wait a moment to post another comment