3 Tips Skincare untuk Pengguna Ojek Online

Meskipun sebagian kulit wajah terlindungi oleh masker pemberian abang ojek, nggak ada salahnya merawat kulit lebih maksimal dengan tiga tips skincare ini.

Kalau kamu langganan ketemu matahari dan polusi setiap hari, risiko kulit tampak kusam, kena debu dan berjerawat lebih tinggi dibandingkan yang naik mobil pribadi. Panasnya sinar UV ditambah partikel-partikel debu yang nggak kasat mata di udara bisa banget nempel seharian dan menimbulkan efek buruk di wajah. Karena itu, perawatan kulit harus fokus di menangkal efek buruk polusi dan proses pembersihan yang maksimal. Berikut tiga tips rekomendasi saya:

Gunakan Skincare dengan Antioksidan

Fungsi utama antioksidan adalah menjaga dan meminimalisir dampak buruk radikal bebas di tubuh kita. Salah satu penyebab utama radikal bebas (reaksi kimia dalam tubuh yang bisa memicu datangnya penyakit) adalah yang biasa kita temui sehari-hari di jalanan alias sinar UV dan polusi, memakai skincare dengan antioksidan bisa menguatkan kulit untuk mengurangi dampak buruknya.

bella-terra-mineral-cosmetics-free-radical-fighting2Sumber

Plus, sudah tahu belum kalau salah satu penyebab jerawat adalah sebum oxidation yang disebabkan oleh radikal bebas? So, antioksidan juga bisa membantu mengurangi aktivitas jerawat di kulit. Bahan-bahan yang mengandung antioksidan dalam skincare pun ada banyak, ada vitamin C, vitamin E, niacinamide, green tea, centella asiatica, rosehip oil, ginseng, dan masih banyak lagi. Just choose what suits you best and stick with it!

Cleanse Properly

Meskipun nggak pakai makeup, tapi kalau sehari-hari kamu memakai sunscreen yang mengandung UV filter seperti titanium dioxide dan zinc oxide (yang diformulasikan untuk nempel di kulit untuk menahan sinar UV), membersihkan wajah dengan oil-based cleanser akan jadi jauh lebih efektif. Tekstur oil bisa meluruhkan formula sunscreen dan mencegahnya supaya nggak memicu jerawat atau komedo. Dengan menggunakan oil based cleanser, entah itu cleansing balm atau cleansing oil, semua kotoran yang nempel pun bisa ikut terangkat dengan baik. Jangan lupa bersihkan juga titik-titik tersembunyi seperti belakang telinga dan tengkuk, ya!

Maskeran Rutin

Sheet-MaskKulit butuh antioksidan sebagai nutrisi, sedangkan clay mask atau charcoal mask dibutuhkan untuk membersihkan pori-pori. Dibanding menambah macam-macam produk yang membuat skincare routine kamu jadi makin panjang, gunakan masker dua kali seminggu atau sesuai kebutuhan. Ini merupakan metode yang lebih gentle dan bisa mengurangi resiko iritasi karena terlalu banyak menumpuk skincare di kulit pada waktu yang bersamaan.

Contoh, kamu menggunakan sheet mask yang mengandung salah satu antioksidan yang disebutkan di atas atau clay mask yang bisa mengangkat kotoran sampai ke pori-pori. Kalau kulit kamu cenderung reaktif, menggunakan masker dengan dedicated ingredients beberapa kali seminggu lebih aman dibanding “memaksa” memasukkan produk lagi ke dalam skincare routine.

Punya tips lain untuk sesama pengguna ojek? :D