banner-detik

makeup

Make Over Makeup Artist Hunt, Bukti Ketatnya Dunia MUA Indonesia

seo-img-article

Delapan orang MUA berbakat dari seluruh Indonesia tampil sebagai pemenang Make Over MUA Hunt, dan sukses memperkaya pengalaman sekaligus link mereka sebagai backstage MUA Jakarta Fashion Week (JFW) 2018.

Delapan MUA ini, sudah cukup terkenal di daerahnya masing-masing, walau mungkin belum dikenal skala nasional. Mereka berhasil jadi yang terbaik dari 500 submissions yang masuk ke meja Make Over, dan telah melewati berbagai challenge dan juga penjurian oleh tiga MUA Indonesia: Dhirman Putra, Yoga Septa dan Philipe Karunia.

Yoga Septa, Dhirman Putra, 8 Winnters of Make Over Make Up Artist Hunt 2017, Stephanie Lie, Philipe Karunia

Yang bikin saya kaget, salah satu pemenangnya adalah Ami Becks, salah satu MUA yang saya follow religiously di Instagram, dan sudah berpengalaman megang cover dan beauty spread majalah nasional sampai jadi langganan selebriti seperti Chelsea Islan. Why would he join a MUA hunt? What else left to prove?

“Karena aku belum pernah berkompetisi; sejak lulus sekolah makeup sampai sekarang, langsung kerja. Yes, aku udah sering megang cover, spread dan fashion show. Tapi event sebesar JFW belum pernah. Itulah kenapa aku mendaftar,” kata Ami setelah kita ngobrol seusai show Make Over MUA Hunt kemarin (26/10).

8 Winners of Make Over Make Up Artist Hunt 2017 (1)

Ami Becks (Tengah)

Dengan segudang pengalamannya, MUA dengan jam terbang seperti Ami pun masih merasakan tantangan dari menangani makeup di JFW. Profesionalisme dan kejeliannya bener-bener diuji.

“Harus profesional, tepat waktu, dan attitude harus baik. Di fashion week, kita harus bisa mengaplikasikan mood board dari desainer ke puluhan model yang kita makeup. Bayangin dalam satu hari, harus menangani makeup show desainer A, lalu desainer B yang konsepnya bener-bener beda. Nah, kita harus bisa adaptasi dengan cepat.” Kata Ami.

Banyak menangani cover majalah pun nggak dianggap Ami sebagai advantage, karena tantangannya benar-benar berbeda.

“Cover majalah kan, satu konsep satu orang. Medianya juga foto. Berbeda banget dengan fashion show,”

Obviously, zaman sekarang semua orang juga pingin menjadi MUA. Banyak yang terlalu fokus dengan memiliki modal kamera yang canggih, dan koleksi makeup yang banyak. Tapi, jadi MUA andal bukan cuma eksis dengan ribuan followers di Instagram. Bahkan, Brand Manager Make Over, Stephanie Lie, bilang bahwa untuk acara ini, Make Over nggak mau “mengorbitkan” fenomena masa zaman sekarang, yang hanya pegang kuas, sudah mengaku makeup artistMakeup fashion butuh keahlian yang lain.

Makeup fashion itu berbeda. MUA justru dituntut bagaimana dengan makeup yang tipis, bisa terlihat flawless, dan tentunya jeli membaca moodboard desainer. “

MUA seperti Ami Becks aja masih mau berkompetisi. So, aspiring MUAs, never stop challenging your skill!

Slow Down

Please wait a moment to post another comment