Voice of Baceprot: Band Metal Hijab yang Inspiratif

Waktu melihat nama Voice of Baceprot (VoB) muncul sebagai salah satu narasumber di acara launching Hijab Fresh, saya semangat banget ingin bertemu tiga cewek-cewek imut nan sangar ini. Ada yang sudah pernah dengar soal VoB? 

Buat yang belum familiar, VoB adalah grup band aliran heavy metal asal Garut yang semua personilnya merupakan hijabers; Firdda Kurnia di vokal dan gitar, Widi Rahmawati di bass, dan Euis Siti Aisyah di drum. Firda, Widi, dan Siti masih duduk di bangku SMA dan hari Rabu lalu spesial datang ke Jakarta untuk hadir di acara Hijab Fresh. Dengan mengenakan outfit warna-warni yang super cute, siapa yang sangka bahwa ketika naik ke atas panggung, lagu Slipknot dan System of A Down dibawakan dengan sangat baik oleh VoB!

“Awalnya kita bertujuh, tapi satu-satu pada keluar sampai akhirnya jadi bertiga,” ujar Firdda saat bercerita tentang asal-usul terbentuknya VoB. “Dulu kita pertama gabung di klub teater dan dari situ belajar musik. Lama-lama jadi lebih tertarik ke musik, apalagi waktu pertama kali dengar lagu-lagu metal dari Abah (ayah -red). Untuk penulisan lirik bahasa Inggris seperti di lagu The Enemy of The Earth is You kita masih dibantu Abah, tapi untuk aransemennya kita bikin sendiri,” lanjutnya lagi.

Lihat juga: Inspirasi dari Model Berhijab Halima Aden

IMG_4244Lucunya, perkenalan saya pertama kali dengan VoB justru dari media asing, yaitu New York Times dan Guardian yang membahas tentang bagaimana VoB mendobrak stereotip perempuan Muslim yang kadang dicap lemah dan inferior. Hal ini ditegaskan lagi oleh Firdda, yang mengatakan bahwa hijab nggak menjadi batasan mereka untuk membuat karya.

“Buat kita, yang penting percaya diri aja. Kita bisa kok menjalankan hobi masing-masing tanpa meninggalkan kewajiban sebagai perempuan Muslim dengan berpakaian sopan dan menutup aurat. Yang penting seimbang, kita pun selalu berusaha ngimbangin antara sekolah, bermusik, dan ngaji. Ngaji juga masih jalan kok. Hahaha!” tambah Firdda.

IMG_4248Firdda, Widi, dan Siti sama-sama punya cita-cita untuk melanjutkan kuliah dan tetap aktif di Voice of Baceprot. Target mereka antara lain adalah untuk bisa merilis album dan manggung di luar negeri. Akhir September kemarin, VoB mendapatkan tiket gratis untuk nonton konser Dream Theater dan berkesempatan tampil di acara Synchronize Fest awal Oktober lalu.

Perempuan berhijab yang memainkan musik metal mungkin terdengar kontroversial, tetapi begitu melihat Voice of Baceprot tampil dengan senyum lebar dan energi positif yang menular, rasanya sulit untuk nggak ikut senang melihat tiga remaja ini berekspresi. Dengan pengalaman manggung yang sudah semakin banyak, saya optimis Voice of Baceprot akan semakin besar namanya.

Ditunggu album perdananya, ya! :)