Aplikasi Skin Diary untuk Cek Performa Skincare

Suka gonta-ganti skincare? Aplikasi Skin Diary ini pasti jadi favorit kamu!

Sering nggak sih kita ngerasa ragu apakah produk skincare yang kita gunakan secara rutin benar-benar bekerja dan bikin perubahan di kulit kita? Karena kita (udah pasti) selalu bercermin dan lihat wajah sendiri setiap hari, jadi wajar kalau kita nggak notice perubahan apa yang terjadi di wajah kita dari hari ke hari. Ada sih yang bisa kelihatan secara kasat mata, perubahan jerawat misalnya. Tapi beberapa tiny details lainnya belum tentu kelihatan apalagi buat yang masih awam soal kondisi kulit. Jadi, bener nggak ya kulit kita improved setelah pakai skincare ini dan itu?

Buat tech-geeks yang suka cari-cari apps yang berkaitan sama beauty di Playstore ataupun App Store mungkin udah tau aplikasi YouCam Makeup. Aplikasi ini mirip banget sama aplikasi Makeupplus yang pernah dibahas Karin, yaitu apps virtual makeup untuk iseng-iseng tambahin mascara, lipstick ataupun makeup lainnya di foto selfie kita.  Nah, baru-baru ini YouCam Makeup merilis fitur baru di aplikasinya yang disebut dengan nama Skin Diary dimana kita bisa cari tahu masalah wajah kita, directly from our selfies!

Menurut Adam Gam, vice president marketing perusahaan yang membuat aplikasi YouCam Makeup, fitur Skin Diary ini memang ditujukan untuk melihat dan merekam perkembangan kondisi kesehatan wajah kita.

This (Skin Diary feature) helps users better understand their overall skin health and track skin conditions over time in order to make empowered beauty decisions.”

Kalau biasanya brand skin care ataupun dermatologist punya alat canggih untuk mendiagnosa kondisi kulit, apps YouCam ini bisa jadi alternatif skin diagnostic tools yang kita gunakan sehari-hari, tapi versi lebih simple dan handy.

pagess

Cara kerja fitur ini cukup mudah, kita tinggal ambil selfie di tempat yang punya pencahayaan cukup , dan posisikan wajah kita sesuai instruksi apps  agar bisa dideteksi. One click, and it’s done.  Dengan menggabungkan teknologi facial recognition, Augmented Reality (AR), dan Artificial Intelligence (AI), aplikasi ini bisa memberikan insight tentang tingkat kesehatan kulit kita dari tanda-tanda dark spots, wrinkles, texture, dan dark circles yang dideteksi oleh si aplikasi secara real-time. Even more, kita bisa tahu skin age kita. Who knows umur kita masih 20-something, tapi kulit wajah kita ternyata udah lebih terlihat aging dari umur asli kita.

Nah, masing-masing indikator tadi akan diberikan skor, kalau skor di atas 90 artinya sudah sehat, skor antara 66-89 berarti rata-rata, dan skor 65 kebawah berarti ada yang perlu diperbaiki. Cara tracking kondisi kulit ini bisa dijadikan indikator untuk tahu kalau kalau skin care yang kita gunakan masih belum bekerja secara efektif.

Untuk hasil yang lebih maksimal, disarankan ambil selfie berkala karena Skin Diary ini juga bisa menampilkan statistik perkembangan mingguan hingga bulanan. Oh ya, tipsnya, lebih baik ambil gambar dengan pencahayaan matahari instead of di dalam ruangan menggunakan cahaya lampu, biar all those flaws bisa tertangkap kamera dengan sempurna. But make sure jangan sampai over exposure juga.

Selamat mencoba!