Cara Memakai Glitter Eyeshadow

Butuh trik agar glitter eyeshadow bisa bagus hasilnya dan menempel sempurna. Kamu bisa coba cara-cara ini!

Glitter eyeshadow sepertinya sedang jadi tren tahun ini. Saya juga suka sekali bereksprimen dan mencampur-campur berbagai warna bubuk glitter, untuk dipakai sebagai eyeshadow atau dipakai di bagian wajah manapun yang saya inginkan. Bahkan kalau aplikasinya tepat, glitter eyeshadow juga bisa dipakai sebagai daily makeup dengan tampilan yang natural.

Baca juga: Tips Makeup Natural Dengan Tren Glitter Eyeshadow

glitter (4)

Glitter untuk makeup tersedia dalam berbagai macam bentuk. Ada yang berbentuk pressed glitter, cream, liquid, dan juga loose powder glitter. Kalau mau gampang sih pilih glitter yang berbentuk cream atau liquid saja, karena lebih mudah digunakan dan nggak perlu perekat lagi. Tapi memang yang paling mudah ditemukan dan yang harganya masih terjangkau adalah glitter dalam bentuk loose powder.

Memakai loose powder glitter memang agak-agak tricky sih. Bubuk glitter-nya gampang banget berhamburan dan membuat riasan berantakan. Belum lagi kalau digunakan sebagai eyeshadow, ada resiko butiran glitter-nya jatuh dan masuk ke mata.

Berikut tips dari saya, untuk yang ingin mencoba menggunakan loose glitter sebagai eyeshadow.

Pakai Base Eyeshadow Warna Senada

Partikel loose glitter tentu lebih besar daripada partikel bubuk eyeshadow. Itu membuat glitter lebih susah rata, dan kurang bisa menutup warna kulit kelopak mata dengan sempurna. Jadi seringkali masih ada celah-celah yang membuat warna kelopak mata terlihat.

Untuk membuat pengaplikasian loose glitter ini terlihat lebih rata, sebaiknya gunakan eyeshadow warna senada dulu sebagai base sebelum mengaplikasikan bubuk glitter. Jadi meskipun bubuk glitter-nya nggak merata, namun nggak terlihat ada celah yang membuat warna kulit asli terlihat.

Pakai Kuas Basah

Kuas yang bulunya tebal atau flufy, malah akan membuat bubuk glitter berhamburan. Jadi sebaiknya gunakan synthetic flat eyeshadow brush. Saya menggunakan kuas yang biasa saya pakai untuk mengaplikasikan concealer di sekitar alis. Pastikan untuk membasahi kuas terlebih dahulu, karena kuas yang lembap atau agak basah, membuat bubuk glitter lebih menempel ketika di ambil.

Gunakan Perekat

Loose powder glitter ini nggak seperti eyeshadow yang bisa langsung menempel pada kulit kelopak mata. Harus ada perekat agar bubuk glitter-nya bisa menempel pada kulit. Kalau penggunaan glitter ini nggak terlalu lama, misalnya hanya untuk selfie saja setelah itu dihapus, perekat bisa menggunakan lipbalm, Vaseline Petroleum Jelly, atau eyeshadow base yang bentuknya cream. Kamu juga bisa coba eye primer khusus glitter, yaitu Too Faced Shadow Insurance Glitter Glue.

Kalau saya sendiri lebih suka membasahi kuas dengan menggunakan Inglot Duraline. Duraline ini selain membuat kuas lembap dan bubuk glitter lebih bisa terambil, juga membuat bubuk glitter yang saya pakai lebih awet menempel di kelopak mata.

glitter (3)

Selesaikan Eye Makeup Dulu

Saya punya kebiasaan untuk menyelesaikan eye makeup terlebih dahulu sebelum mulai dengan face makeup. Tapi khusus untuk pemakaian loose glitter sebagai eyeshadow, saya bahkan menyelesaikan eye makeup saya dulu sebelum menggunakan skincare. Bubuk glitter memang gampang sekali rontok dan membuat muka berantakan. Biasanya setelah menyelesaikan eye makeup, selalu saja ada bubuk glitter yang berjatuhan di area pipi saya. Makanya saya biasanya membersihkan wajah lagi dengan micellar water, setelah menyelesaikan glitter eye makeup saya.

Baca juga: Tips Memakai Eyeshaodow Agar Rapi dan Tahan Lama

Nggak bingung lagi kan memakai glitter eyeshadow? Selamat mencoba ;).