Face Oil yang Lagi Naik Daun: Tamanu Oil

Penonton setia Youtube channel Liah Yoo pasti lagi penasaran-penasarannya dengan oil yang diklaim bisa menghilangkan bekas jerawat secara efektif ini. Yes, apa lagi kalau bukan tamanu oil!

Menggunakan oil untuk menghilangkan jerawat maupun bekasnya memang merupakan cara yang lebih gentle dibandingkan exfoliating products yang mengandung AHA atau BHA. Is it more effective? Balik lagi ke kulit masing-masing, tentunya. Tapi kalau kamu baru tertarik menggunakan tamanu oil untuk masalah jerawat, yuk, kenalan dulu dengan oil yang satu ini.

Diambil dari ekstrak biji atau kacang pohon tamanu, tamanu oil terkenal akan warnanya yang hijau tua pekat dan wangi yang kuat. Sumber utama tamanu oil adalah dari wilayah Polinesia, tapi pohon tamanu sendiri sudah banyak tumbuh di Thailand, Vietnam, Malaysia, dan juga Indonesia.

Sudah banyak studi yang membuktikan kemampuan tamanu oil untuk menyembuhkan berbagai masalah kulit seperti sunburn, gatal-gatal, alergi, iritasi, inflamasi, bahkan rosacea. Selain bisa dipakai semua jenis kulit (termasuk anak-anak), tamanu oil juga memiliki fungsi antibacterial, antimicrobial, dan juga antioksidan. Fungsi anti bakterinya cocok untuk melawan bakteri p.acnes, sedangkan antioksidannya juga bisa mendorong pembentukan sel kulit sehat dan memudarkan noda PIH.

 

tamanu oil 3Lalu, gimana tamanu oil bisa dipakai untuk mengatasi jerawat? Buat yang punya kulit berminyak dan menggunakan oil untuk skincare sehari-hari, pasti sudah familiar dengan oleic dan linoleic acid, asam lemak yang menentukan oil apa yang tepat digunakan untuk jenis kulit kita. Oil yang level oleic acid-nya tinggi cenderung memiliki tekstur yang berat, lama menyerap di kulit dan berpotensi menyumbat pori-pori karena itu kulit oily – acne prone seringkali memilih oil yang lebih tinggi linoleic acid-nya.

Nah, meskipun tamanu oil sendiri memiliki rasio oleic dan linoleic acid yang cukup seimbang (linoleic acid 29-38% dan oleic acid 34-41%), tetapi pemakaian yang dianjurkan adalah sebagai spot treatment saja di area tertentu. Minggu pertama, pemakaian boleh dibatasi sekitar dua-tiga kali, kemudian kalau kulitnya sudah terbiasa dan nggak ada reaksi negatif, baru bisa ditambahkan intensitasnya sesuai yang diinginkan.

Masih penasaran dengan tamanu oil? Kamu bisa langsung cek ke thread Tamanu Oil di FD forum dan baca review-review FD members di sana. Untuk mendapatkannya, tamanu oil banyak dijual di e-commerce ataupun Instagram dengan harga dan brand yang bervariasi, tapi mayoritas masih affordable, kok.

Ada yang sudah pernah coba tamanu oil?