4 Skincare YouTubers yang Patut Ditonton

Pengen belajar lebih tentang skincare? Coba kepoin deh empat skincare Youtubers ini!

Semakin hari, semakin banyak yang peduli dengan skincare dan ingin belajar lebih tentang cara menjaga kulit sendiri. But where do we start? Untuk saya, sumber paling terpercaya itu adalah jurnal penelitian. Tapi, membaca riset dari PubMed atau JDDOnline itu bisa sangat memakan waktu, membosankan dan susah untuk dimengerti orang awam.

Baca juga: Barry Ritonga: Jadi MUA, Juga Harus Ngerti Skincare

Karena itu, saya juga suka belajar dari beauty experts di YouTube yang dapat menyajikan informasi-informasi membosankan ini dalam format yang lebih sederhana dan menarik. Kalau dalam hal skincare, inilah empat YouTube channels yang bisa menjadi tempat belajar kamu (Other than Skincare 101 with Affi Assegaf, of course! wink):

Caroline Hirons

Saat pertama kali tertarik dengan skincare, Caroline Hirons menjadi salah satu beauty guru yang paling sering saya tonton di YouTube. Dialah yang mengajari saya tentang basic skincare steps seperti pentingnya double cleansing, dan juga memperkenalkan saya dengan acid toners. Saya juga suka personality Caroline yang lucu and kinda reminds me of my grandmother lol Selain YouTube channel nya, saya juga sering mampir ke blog Caroline yang mempunyai Cheat Sheets page yang super helpful untuk skincare beginners!

caroline hironsStephanie Nicole

Walaupun channel Stephanie Nicole bukan hanya membahas skincare, saya suka banget dengan video-video review-nya yang overall sangat in-depth dan nggak basa-basi. Stephanie mempunyai reputasi sebagai YouTuber yang jujur dan straightforward (remember the whole Kylie Jenner Lip Kit controversy?), dan inilah yang membuat banyak orang percaya dengan rekomendasinya. Walaupun video skincare biasa panjang-panjang seperti dengerin dosen kuliah, rasanya nggak pernah bosan aja kalau binge-watch YouTube channel Stephanie!

stephanie nicoleGothamista

Alasan utama saya suka menonton video-video Renée adalah kulitnya yang #skingoals. When I am in my 30s, I want skin exactly like hers too! Walaupun Renée kebanyakan membahas tentang skincare brand Asia, dia juga sering review brand skincare lain seperti Drunk Elephant, The Ordinary dan Sunday Riley. Reviews Renée selalu informatif, gampang dimengerti dan aura Renée yang cool dan calm banget juga ingatin saya dengan Lisa Elridge… versi Asia? razz

gothamista1Liah Yoo

Another one of my favourite Korean skincare YouTubers is Liah Yoo! Sebelum menjadi YouTuber, Liah pernah bekerja di salah satu perusahaan kecantikan terbesar di Korea, yaitu Amorepacific. Jadi nggak heran kalau dia banyak review produk-produk Amorepacific dan subsidiary brands-nya (e.g. Laneige, Hera). Karena Liah sendiri mempunyai kulit oily dan acne prone, dia banyak memberikan tips skincare untuk pemilik kulit berminyak berjerawat. Saya juga suka dengan pembawaan Liah yang lucu dan approachable banget, apalagi kalau ada muncul alter ego nya, si Dr. Yoo.

liah-yoo-youtubeNah, selain keempat Youtubers ini, apakah ada skincare guru lain yang menjadi favorit kamu? biggrin