SPF, PPD, PA+: Arti di Balik Label Sunscreen

Sudah tahu nggak arti kata-kata yang sering muncul di balik label sunscreen? Atau baru tahu soal SPF aja?

Apa yang pertama kali kamu lihat ketika hendak membeli sunscreen? Pasti yang diperhatikan itu harga, nama produk, dan yang penting ada kata “SPF” nya saja, kan? razz 

sunscreen labelIstilah lain seperti “PA+++” atau “PPD” sering dicuekin, mungkin karena kurang dibahas kepentingannya. Meskipun tampak sepele, label yang diberikan pada sunscreen sebenarnya mengandung informasi penting tentang produk yang akan kamu pakai, and it tells you whether it’s worth buying, or not. Berikut adalah beberapa istilah label sunscreen yang perlu kamu ketahui:

SPF

SPF (Sun Protection Factor) menunjukkan tingkat perlindungan terhadap sinar UVB. Angka di belakang SPF itu adalah indikator berapa lama kulit terlindung di bawah paparan matahari. Misalnya kalau kulit kamu terbakar dalam sepuluh menit di bawah matahari, dengan memakai SPF 50, berarti kulitmu terlindungi 50 kali lebih lama (50 x sepuluh menit). But take note: SPF is only for UVB protection. Jadi kalau sunscreen kamu hanya ada label SPF saja, it’s not enough to protect you from the harmful UVA rays!

PA

PA (Protection Grade of UVA) menunjukkan tingkat perlindungan terhadap sinar UVA yang dapat menyebabkan penuaan kulit. Semakin banyak tanda “+” pada PA, semakin tinggi tingkat perlindungan sunscreen tersebut terhadap radiasi UVA. Sistem PA ini biasanya digunakan brand Asia, seperti Jepang dan Korea, dan juga muncul di beberapa brand lokal seperti sunscreen Emina dan Erha.

Baca juga: Sunscreen Bagus dan Murah dari Brand Lokal

PPD

Mirip dengan PA, PPD (Persistent Pigment Darkening) juga menunjukkan tingkat perlindungan terhadap sinar UVA. Bedanya cuma dalam sistem hitungnya yang biasa hanya dipakai brand Eropa seperti La Roche-Posay dan Bioderma.

sunscreen pa ppd measurementBroad Spectrum

Label “broad spectrum” berarti sunscreen yang digunakan mencakup perlindungan untuk UVA dan juga UVB. Does this mean it’s the best type of sunscreen out there? Not necessarily. Banyak brand US yang menggunakan label ini di produk-produk mereka, padahal tingkat perlindungan dari UVA dan UVB yang diberikan sebenarnya hanya minimal atau bahkan nggak cukup untuk aktivitas outdoor. Jadi, balik lagi ke kita sendiri untuk lebih teliti melihat label sunscreen, dan jangan gampang termakan label broad spectrum” tanpa penjelasan lebih tentang tingkat SPF dan UVA protection yang diberikan!

Baca juga: Rekomendasi 6 Produk Sunscreen yang Bagus

Nah, nggak susah kan untuk mengerti istilah-istilah yang sering muncul di kemasan sunscreen? Semoga informasi ini bisa membantu ya! biggrin