FD Experiment: Minum Wheatgrass Shot untuk Jerawat

Wheatgrass sering disebut juga sebagai salah satu superfood yang bagus untuk detoks. Setelah tujuh hari, ini hasilnya di jerawat hormonal saya.

Selama sebulan puasa Ramadhan kemarin bisa dibilang kondisi kulit wajah saya bisa dibilang the “best” it’s ever been in the last year. Whiteheads dan jerawat saya terasa berkurang dan tekstur wajah saya membaik. Padahal saya lagi jalanin skincare routine yang simple (cleanse, tone, moisturize).

Baca juga: Bukti Kulit Sehat dengan 4 Tahap Skincare untuk Pemula

Saya menyadari sih, sebelum puasa saya hobi banget jajan dan yang saya konsumsi itu either dairy, kafein, atau  junk food yang tinggi kadar garamnya. Sebulan puasa itu saya nggak minum kopi sama sekali (karena takut haus LOL) dan ngurangin banget dairy karena bikin perut begah. Nah, begitu selesai puasa, I just couldn’t contain the temptation dan balik hobi makan junk food lagi. Dan… whiteheads di pipi saya balik lagi, obviously. Skincare routine yang simple pun jadi kurang ngaruh and it made me realize kalau yang salah kemungkinan besar pola makan saya.

12298778_1696924580521359_383983794_n

Kebetulan waktu itu saya lagi grocery shopping di Ranch Market dekat rumah, lalu ada SPG yang nyamperin saya dan nawarin wheatgrass shot. Info dari si mbak SPG, minum satu wheatgrass shot (sekitar 30ml) setara dengan mengkonsumsi satu kilogram sayur, which sounds very convenient buat orang yang nggak jago masak kayak saya hehe. Dari sumber lain, wheatgrass juga dipercaya mengandung vitamin A, vitamin C, dan klorofil yang tinggi yang bisa mendetoks tubuh dan mempercepat penyembuhan luka. Sebenarnya saya udah pernah coba sih sebelumnya dan sampai sekarang saya masih traumatized sama aftertaste-nya yang ajaib (bener-bener rasa rumput!). Tapi karena saya bertekad to eat healthier, saya beli deh satu bungkus frozen wheatgrass shot for the sake of clearer skin. Dalam satu bungkus ada sepuluh frozen wheatgrass shot berbentuk es batu dan bisa dibeli seharga Rp135.000,- di Ranch Market.

Slide1Left: Day 2, Right: Day 7

Selama tujuh hari eksperimen ini, I went back to my simplified skincare routine. Hari pertama saya minum belum kelihatan efek yang terlalu signifikan di kulit. Nah, kebetulan hari kedua minum di dahi saya muncul jerawat PMS. Eh besoknya muncul lagi tiga jerawat di dagu :(. Seperti biasanya, jerawat di dagu saya jenisnya cyst jadi saya pasrah aja karena memang nggak bisa dipencet. Tapi yang bikin saya takjub, di hari ke empat jerawat yang di dahi udah kering aja! Dan akhirnya hilang karena kegosok saat cuci muka.

Hari keenam sampai tujuh, cysts di dagu saya makin kempes dan jadi seperti whitehead. Ini juga impressive karena biasanya jerawat hormonal di dagu saya bisa nggak kempes sampai dua minggu setelah period selesai. Saya juga menyadari cysts saya nggak terasa terlalu nyeri. What is this sorcery? LOL.

Kesimpulan

Ternyata minum wheatgrass shot selama tujuh hari berturut-turut ampuh bikin jerawat hormonal saya lebih cepat kempes dan kering. Dan kalau memang benar 30ml setara dengan satu kilogram sayuran, this experiment shows that eating healthy really does reflect on the skin. Bahkan jerawat hormonal yang bandel banget aja lebih cepat sembuh. Rasa rumput yang menyiksa tenggorokan ternyata worth it! 

Ada juga yang udah rutin minum wheatgrass shot? Share pengalaman kamu ya!