Bedanya Thermal Water dengan Air Biasa

Penggemar face mist pasti sudah nggak asing lagi dengan thermal water. Tapi, sudah tahu belum, apa bedanya thermal water dengan air biasa?

Thermal water, atau sering juga disebut thermal spring water, adalah air yang berasal dari lapisan kerak bumi. Karena air ini mengalir melalui bebatuan, jadi kandungannya berisi mineral yang bermanfaat bagi kulit. Proses pembentukannya yang ada jauh di bawah tanah ini juga membuat thermal water jauh dari polusi dan bakteri. Selain mineral, thermal water juga mengandung zinc dan oksigen yang berfungsi sebagai antioksidan dan bisa menenangkan kulit.

Karena “kemurnian”-nya ini, thermal water banyak digunakan oleh brand-brand pharmaceutical Prancis seperti Avene atau La-Roche Posay sebagai bahan dasar skincare untuk kulit sensitif. Avene Thermal Spring Water, misalnya. Pemenang kategori Face Mist di Female Daily Best of Beauty Awards 2016 ini memiliki kandungan mineral dan sodium yang seimbang untuk menjaga pH kulit.

3-of-the-best-in-flight-skin-care-products--best_facial_mists_2beautyhaven.com

Seperti yang kita tahu, setelah mencuci muka, minyak alami di kulit kita akan diserap oleh face wash dan pH kulit akan naik, menjadikan kulit terasa kering. Di sinilah peran thermal water, untuk mengembalikan lagi pH kulit ke kondisi semula sehingga minyak alami tetap terjaga dan kulit nggak terasa seperti “ditarik”.

Selain mengembalikan pH kulit, thermal water juga memiliki fungsi anti-inflamasi yang berguna banget untuk kulit yang sensitif dengan kemerahan atau acne-prone. Elemen-elemen seperti copper, lithium, manganese, strontium, dan selenium yang ada pada thermal water bekerja dengan memperbaiki lapisan epidermis kulit yang rentan rusak karena faktor-faktor seperti sinar matahari atau skincare yang terlalu kering. Lapisan epidermis kulit yang sehat tentunya akan less reactive, lebih kalem, dan nggak gampang iritasi.

Meskipun terasa seperti air biasa, tapi sebuah studi sudah membuktikan kalau thermal water memang efektif digunakan untuk meredakan inflamasi, menenangkan kulit, bahkan membantu masalah kulit lainnya seperti eksim atau psoriasis. See, thermal water ternyata memang nggak cuma buat semprot-semprot cantik aja :)

Suka menggunakan thermal water juga untuk kulit kamu? Share pengalaman kamu di bawah, ya.