Hal Kecil Ini Juga Bisa Memicu Jerawat

Sudah coba semua tips jerawat yang ada di FD Little Notes, tapi jerawat tetap muncul? Coba stop hal ini.

Semenjak bulan puasa lalu, kulit saya lagi adem banget. Jerawat jarang nongol, kalaupun muncul pun paling cuman jerawat kecil yang bertahan hanya beberapa hari. Skincare yang saya gunakan pun nggak ada yang berubah. Masih sama dengan  skincare yang saya share di artikel “Saya Berhenti Dokter Kulit, Ini Alasannya”. Cuma, pas libur Lebaran kemarin, saya nekat pakai masker kefir dari Ina Thomas yang untungnya cocok dan ngebantu untuk bikin jerawat saya lebih cepet kempes. Other than that, saya nggak nyoba skincare baru lagi.

Setalah saya pikir-pikir, apa ya, yang beda dengan skincare saya, dan kenapa kulit saya jadi lebih mendingan sekarang dibandingkan dulu? Padahal yang berubah hanya skip exfoliating toner aja? Akhirnya saya nemuin satu alasan kenapa kulit saya bisa “mulusan”, dan jarang timbul jerawat yang meradang.

Jerawat Nggak Kunjung Sembuh2

Tenyata, saya baru ingat kalau saya jadi jarang menggunakan kapas atau menggesek wajah saya dengan menggunakan bahan yang bertekstur mirip kapas, seperti kain atau tissue basah. Gimana saya bisa tahu? Soalnya pas mulai libur lebaran kemarin, kan skincare saya nggak berubah sama sekali. Tapi di satu malam, saya sok ide “Oh ya, nggak bisa pake exfoliating toner, ya udah eskfoliasinya pakai micellar water aja kali ya, buat ngangkat sel kulit mati”.

Besok paginya, di area rahang langsung ada bumps merah. Dan tiga hari kemudian, bumps tersebut langsung menjadi jerawat bengkak. Jadi sejak kejadian Lebaran kemarin saya nggak pernah tuh, lap muka lagi dengan handuk, tissue, atau pun kapas. Soalnya takut gesekannya malah bikin kulit iritasi dan memicu timbulnya jerawat.

Lalu gimana bersihin muka pakai first cleanser?
Saat bersihin wajah dengan first cleanser memang nggak pernah saya angkat dengan menggunakan kapas. Jadi biasanya langsung saya bilas dengan air, dan langsung dicuci dengan menggunakan second cleanser. Teknik ini udah saya lakukan sejak saya kenal teknik first cleanser. Dan memang pada dasarnya saya kurang suka mengangkat sisa makeup dengan kapas, karena kadang bikin wajah perih.

Banila.co Clean It Zero-3-tile

Nah, belum puas dengan temuan pertama, tiga hari lalu saya mencoba membersihkan wajah dengan menggunakan face cleansing brush. Saat menggunakan alat ini, saya pakai keseluruh bagian wajah, kecuali area rahang. Hasilnya? Dua hari kemudian langung timbul jerawat di semua bagian wajah yang saya pakaikan face cleansing brush tadi.

Jadi, dari hasil percobaan saya ini, bisa ditarik kesimpulan kalau gesekan dari sesuatu yang bertekstur kasar pada wajah juga bisa memicu jerawat di kulit yang sensitif. Coba deh, kamu seminggu ini skip dulu membersihkan wajah dengan kapas atau kurangi gesekan-gesekan kain pada wajah. Bisa jadi kulit wajah kamu jadi membaik :)

Selamat mencoba!