banner-detik

beautiful people

Barry Ritonga: Jadi MUA, Juga Harus Ngerti Skincare

seo-img-article

Makeup mahal paling sukses, sampai pentingnya pengetahuan skincare, jadi share Barry Ritonga yang bisa berguna buat para perempuan dan MUA pemula.

Beberapa hari lalu, dalam sebuah percakapan di group WhatsApp, salah satu temen kantor bertanya apa anak-anak lain lihat IG story yang di-post seorang makeup artist lokal. Saya jawab “nggak” dengan alasan saya cuma follow makeup artist yang saya suka gaya makeup-nya. Di antara international giants seperti Lisa Eldridge dan Tom Pecheux, tentu ada sejumlah MUA lokal di daftar following saya dan salah satunya adalah Barry Ritonga.

Suka banget dengan kreasi MUA satu ini yang selalu tampak harmonious, whether it’s glam or natural. So happy bahwa saya bisa sedikit ngobrol dengan Barry untuk artikel ini, dan pastinya I had FD-ers in mind saat menyusun pertanyaan untuk mantan pramugara ini; mulai dari tekniknya saat menghadapi jerawat, sampai tips untuk pembaca yang lagi belajar secara otodidak untuk jadi MUA.

???????????????????????????????

Barry mention saat interview di JXB 2017, that you’d splurge the most on complexion products. Memangnya apa sih, produk complexion mahal paling sukses yang ada di pro kit Barry?

“Skincare YSL dan Chanel, concealer Cle De Peau, dan foundation Tom Ford.”

Tips untuk menutupi bekas jerawat cekung?

“Kebanyakan cara MUA/beauty guru untuk menutupi bekas jerawat cekung adalah dengan ‘mengisi’ cekungan itu dengan cream foundation. Tapi aku tidak menyarankan, karena jika berkeringat, dan kalau dalam pengaplikasian makeup-nya kurang higienis, akan menjadi sarang bakteri. Juga akan membuat makeup menjadi berat dan ‘cakey’. Tips dari saya mungkin difokuskan aja dalam skincare sehari-hari, entah itu masker seminggu sekali, chemical peeling, atau mikrodeemabrasi untuk membuang sel kulit mati dan menggantikannya dengan yang baru.”

Lipstick favorit that works on any skintone?

In my humble opinion, it will be red.”

Baca juga: 5 Lipstick Merah Bagus dari Brand Lokal

Bagi Barry, makeup yang natural tuh seperti apa sih?

For me, makeup natural itu… Makeup yang hanya memakai produk seperlunya, dan meneruskan ‘garis’ yang sudah ada pada beberapa bagian wajah.”

Any tips, makeup untuk kulit sawo matang?

Choose the right shade of your foundation. Jangan lupa untuk mengaplikasikan di leher juga. Untuk mata, pilih warna coral dan brown untuk soft look, atau jika berani pilih lipstick merah dan plum untuk kesan bold and sexy.”

Bagi makeup newbie, pembaca FD yang baru belajar atau baru mau mulai pake makeupitem apa yang wajib dipunya?

Lipstick, eyeliner and mascara!

Terakhir, speaking of newbie, banyak banget sekarang ini yang pingin jadi MUA dengan cara otodidak, just like you. Any tips?

“Betul, aku salah satu MUA yang lahir dengan cara otodidak. Tips dari aku, pemula di industri kecantikan ini, please do a lot and lots of research! Research tentang apa? Banyak! Mulai dari makeup products, this one is essential; apa saja ingredients-nya, sedikit-banyak perlu tau tentang masalah dan perawatan kulit. Seperti jenis kulit, pigmentasi, eksfoliasi.

Jangan malu tanya ke fellow MUA/beauty guru, dan memperbanyak latihan dan belajar online dari YouTube, Pinterest, Tumblr,  Instagram, dan lain-lain. Semangat!”

Slow Down

Please wait a moment to post another comment