Missha Water in Puff, Dupe Beauty Blender dari Korea?

Harganya 10 kali lebih murah dari The Original Beauty Blender, gimana kualitasnya?

Saya udah jadi pengguna setia The Original Beauty Blender selama kurang lebih empat tahun, tapi nggak bisa dipungkiri harganya memang cukup mahal. Jadi, setiap wujudnya udah nggak layak, saya tetap mikir-mikir dulu sebelum repurchase. I’m always up for dupes, tapi memang belum ketemu yang benar-benar mirip sama Beauty Blender dari segi tekstur, ease of use, sampai hasil akhir dari makeup.

Sekitar dua bulan lalu saya nonton video K-Beauty Youtuber, Edward Avila yang mereview puff dari Missha, yaitu Missha Water in Puff. Uniknya puff ini juga akan membesar saat basah, seperti Beauty Blender. Dibanderol KRW 3350 atau sekitar Rp59000,-, saya bisa beli satu pack Missha Water in Puff berisi dua buah puff! Harganya yang super affordable membuat saya nggak berpikir panjang lagi buat langsung PO di Marketplaza FD.

missha water in puff

Kemasan

Missha Water in Puff comes in a plastic pouch yang bisa banget dipakai ulang untuk bawa puff ini traveling. Dalam satu pouch terdapat dua puff, jadi bisa dipakai bergantian kalau salah satu lagi dicuci. Semua deskripsi di pouch ditulis dalam bahasa Korea, but from what I could decipher, puff ini akan membesar 130% dari ukuran asli saat dibasahin.

Tekstur

As a K-Beauty noob, saya baru pernah coba dua cushion air puff dari Etude House dan Sulwahsoo. Kalau dibandingkan dengan keduanya, Missha Water in Puff ini sedikit lebih tebal dan lebih squishy. Dibandingkan dengan Beauty Blender, puff dari Missha pori-porinya kecil banget dan permukaannya kelihatan lebih halus.

The Test!

Nah, saat saya basahin salah satu puff-nya, it expands significantly! Teksturnya juga sedikit berubah jadi jiggly. Nggak seperti puff lainnya yang hanya bisa dipegang dua jari (at least in my case), Water in Puff bisa dipegang dengan tiga jari. It may seem petty, but this seriously makes using the puff and applying makeup so much easier.

Selain mudah digunakan, saya juga merasa apply foundation dengan puff ini lebih cepat dari Beauty Blender karena permukaan puff yang bersentuhan dengan wajah lebih luas. Hasilnya pun sama flawlessnya dengan aplikasi foundation dengan The Original Beauty Blender. Untuk membaurkan makeup di area sekitar mata juga nggak susah.

Nilai plus lagi dari Missha Water in Puff? Mudah banget dicuci. Noda makeup yang menyisa di puff mudah banget dibersihin, padahal saya hanya pakai sabun batangan biasa. Menurut saya, noda makeup di Beauty Blender for some reason susah dibersihin. Udah dibersihin dengan sabar pun kadang masih ada noda yang menyisa #TheStruggle. Nah, Missha Water in Puff ini bisa banget dibersihkan sampai benar-benar tanpa noda.

Baca juga: Sponge Makeup Awet dengan Cara Ini

Pernah ngalamin Beauty Blender jamuran? Been there, done that. Kabar baiknya, puff dari Missha ini nggak tumbuh jamur meski pun saya simpan di dalam pouch dalam keadaan lembap.

The Verdict

Saya mau minta maaf sama Beauty Blender, kayaknya kebersamaan kita harus berakhir sampai di sini LOL. Menurut saya Missha Water in Puff ini bagus dan layak disebut dupe Beauty Blender dari segi kualitas. Bukan juga hanya “bagus untuk harga yang murah”. Repurchase? Absolutely!