Tips Ampuh Mengatasi Hidung Berminyak

Sudah pakai face primer dan setting powder, namun masih juga bagian hidung berminyak duluan?  Mungkin kamu perlu coba cara ini!

Area T pada wajah memang biasanya cenderung lebih berminyak dibandingkan dengan area lainnya. Bahkan pada kulit saya yang cenderung kering pun, pada akhir hari, bagian hidung dan dagu saya juga akan terlihat sedikit mengilap. Walau dalam kasus saya sih, jatuhnya malah bagus, makeup jadi semakin natural dan terlihat menyatu dengan kulit wajah. Tapi kalau untuk pemilik kulit berminyak, hal ini pasti jadi masalah.

Kalau punya jenis wajah yang sangat berminyak, sebaiknya pilih juga makeup dengan formula long lasting dan dengan hasil akhir yang matte. Jangan pernah lupa juga untuk menggunakan face primer dan setting powder, untuk lebih menahan minyak agar tidak cepat keluar dan merusak makeup.

Baca juga: Rekomendasi Foundation Bagus untuk Kulit Berminyak

Tapi kadang walau sudah menggunakan face primer dan produk-produk khusus untuk kulit berminyak, tetap saja area hidung, dagu, dan dahi terlihat greasy dan kotor karena minyak. Nah kalau kejadiannya seperti itu, berarti kamu perlu mencoba trik khusus ini. Trik ini sudah saya uji cobakan ke teman yang punya jenis kulit sangat berminyak, dan hasilnya sukses!

IMG_0164

Cara pertama adalah dengan menggunakan sedikit eyeshadow primer pada area wajah yang sangat berminyak, seperti hidung dan dagu. Aplikasikan eyeshadow primer ini sebelum menggunakan foundation. Setelah itu, lanjutkan dengan foundation, concealer, dan setting powder seperti biasa.

Untuk trik ini, lebih baiknya sih pilih eyeshadow primer yang warnanya transparan. Tapi kalau nggak ada, setidaknya pilih eyeshadow primer yang sewarna dengan warna kulit. Saya sendiri memakai MAC Pro Longwear Paint Pot Soft Ochre, yang sebenarnya adalah cream eyeshadow, namun selalu saya gunakan sebagai eyeshadow base.

Eyeshadow primer ini selain membuat warna eyeshadow lebih keluar, juga berfungsi untuk menjaga agar eyeshadow lebih tahan lama dan nggak creasing. Area kelopak mata yang berlipat-lipat dan cenderung berminyak memang gampang banget bikin eyeshaodow yang kita pakai cepat luntur dan creasing. Eyeshadow primer biasanya memiliki kemampuan menahan minyak yang jauh lebih bagus dibandingkan dengan face primer.

Ketika saya coba cara ini, area T pada wajah saya terlihat matte seharian. Dan di teman saya yang punya kulit berminyak, cara ini juga bekerja dengan baik dan sudah sangat cukup untuk wajah agar nggak over oily. Tapi kalau minyak wajah masih membandel, selain dengan menggunakan eyeshadow primer, bisa ditambahan dengan teknik baking makeup saat mengaplikasikan bedak.

Baca juga: Tips Baking Under Eye Bebas Garis Halus


IMG_0171

Setelah menggunakan foundation dan concealer, aplikasikan bedak tabur tebal-tebal pada area wajah yang berminyak. Diamkan sejenak, agar bedak dapat menyerap minyak. Setelah itu baru baurkan/ sapukan bedak ke seluruh wajah. Saran saya, jangan lupa menggunakan setting spray setelah mempraktikkan baking makeup. Selain untuk mengunci agar makeup lebih awet, setting spray juga membuat hasil akhir makeup lebih natural dan tidak terlalu powdery.

Selamat mencoba ;).