Hydrating Foods Cegah Dehidrasi di Bulan Puasa

Nggak bisa banyak minum di bulan puasa? Perbanyak hydrating foods kaya air ini di menu makanan kamu.

Tahu nggak kalau 60% bagian tubuh kita itu adalah cairan? Bahkan dua organ penting tubuh, otak dan jantung, 70%-nya adalah air, lho. Nggak heran ya, merek air mineral ternama sebelah  pinter banget bikin iklan soal efek dehidrasi ke ingatan. Ya karena memang peran air se-krusial itu untuk tubuh kita.

Cukup minum air jadi cara wajib nan klasik agar tubuh nggak dehidrasi. Nah, di bulan puasa ini, saya nggak yakin sih, kalau di waktu sahur dan setelah buka puasa, saya udah memenuhi kuota dua liter air lewat minuman. Eat your water, jadi istilah yang tepat banget untuk kita lakukan di bulan puasa ini. Asupan air ke tubuh bisa dibantu lewat makanan kaya air alias hydrating foods.

Lima hydrating foods berikut gampang banget kok ditemuin,  dan recommended banget untuk kamu konsumsi lebih sering di bulan puasa ini.

Timun

Dengan kandungan air hampir 97%, timun menjadi makanan padat yang paling banyak mengandung air. Buah satu ini nggak pernah absen deh setiap kali saya bikin juice. Coba perbanyak timun saat kamu bikin salad, atau sekedar side dish di menu sahur atau makan malam.

hydrating-foods-2

Selada Air

Sebenarnya saya rada sebel sih sama sayur hijau satu ini, karena kandungan vitaminnya bisa dibilang nggak ada kalau dibandingkan sayuran hijau lain yang daunnya lebih gelap. Makanya saya jarang nyentuh sayur ini, kecuali kalau makan salad di restoran (yang isinya hampir selada semua).  Tapi, selada menang jauh di atas sayuran lain soal kandungan air. Jadi boleh deh, banyak-banyak makan selada di bulan puasa ini.

Tomat

Dipanggang enak, dicampur sayur bayam juga enak nih yang ini :D Tomat mengandung hampir 95% kandungan air, sehingga baik sebagai salah satu hydrating foods. Tomat adalah satu sumber tertinggi lycopene, antioksidan yang bagus banget untuk kesehatan, kecantikan kulit, dan juga mata. Usahakan dimakan tanpa dimasak dulu yah.

hydrating-foods-1Image: epicure.com

Semangka

Kalau pilihan-pilihan sebelumnya rasanya “terlalu sayur”, fret not. Semangka juga termasuk hydrating food dengan kandungan air 91.5%. Warna merahnya yang pekat juga pertanda sumber antioksidan dan lycopene yang tinggi. Nah, yang suka bikin es buah untuk buka, boleh diperbanyak semangkanya, nih. Lucu juga kalo mau bikin watermelon pizza ala-ala Pinterest :D

Bayam

Bayam merah adalah salah satu sayur favorit saya untuk green juicing, tapi kamu bisa makan bayam apa aja kok. Nggak hanya kaya air (92%), bayam juga kaya akan folat (baik untuk otak), serat, dan juga vitamin E. OK, kan? Nggak usah takut harus makan bayam mentah agar vitaminnya nggak hilang, karena zat-zat baik bayam justru aktif setelah dipanaskan.

Nah, itu dia tadi sejumlah hydrating foods alias makanan kaya air yang baik untuk kamu konsumsi di bulan puasa ini. Untuk membantu masalah dryness dari luar, kamu bisa coba rekomendasi  perawatan kulit di bulan puasa dari Ochell berikut.