Beautypedia: Kenali Istilah Hasil Akhir Eyeshadow

Sudah belajar 10 istilah makeup dalam bahasa Inggris? Kali ini, yuk kenali istilah hasil akhir eyeshadow!

Eyeshadow selain banyak jenisnya, hasil akhirnya pun berberda-beda. Salah menggunakan kombinasi eyeshadow, bukan riasan mata cantik yang didapatkan, malah bisa-bisa makeup mata kita terlihat aneh. Nah, supaya kamu nggak salah milih eyeshadow yuk, kenali hasil akhir eyeshadow dan cara menggunakannya.

Satin Finish
Biasanya digunakan saat menggambarkan hasil akhir foundation, eyeshadow ataupun lipstick. Nah, satin itu artinya hasil akhirnya nggak 100% matte tapi nggak 100% shimmer juga, so it’s kinda in between. Jadi ketika di-swatch terlihat ada sedikit pantulan shimmer, dan kalau terkena cahaya lampu kadang terlihat seperti glossy eyelook. Eyeshadow seperti ini bisa kamu gunakan pada area kelopak mata dan juga brow bone untuk memberikan dimensi.

Hasil Akhir Eyeshadow-4

Glitter Chunk 
Eyeshadow dengan partikel glitter yang besar. Biasanya eyeshadow seperti ini akan mudah fall out ketika digunakan. Biasanya supaya glitter-nya lebih menempel perlu menggunakan primer khusus, bahkan ada juga lem glitter. Kapan waktu yang tepat untuk menggunakan eyeshadow seperti ini? Tentunya untuk pesta besar atau untuk festival musik. Oh ya, ketika menggunakan eyeshadow ini harus hati-hati, kalau sampai masuk ke mata, bisa bikin mata iritasi dan melukai kornea mata.

Hasil Akhir Eyeshadow

Shimmer Shadow 
Dalam eyeshadow ini ada partikel shimmer yang cukup besar dan kadang terlihat seperti metalic eyeshadow. Untuk daily look, eyeshadow ini masih bisa digunakan kok, karena hasilnya bisa terlihat natural juga. Kalau saya pribadi, biasanya menggunakan shimmer shadow pada seluruh kelopak mata.

Hasil Akhir Eyeshadow-5

Matte 
Artinya eyeshadow ini nggak memiliki pantulan cahaya dan biasanya warnanya flat. Eyeshadow dengan hasil akhir seperti ini cocoknya digunakan untuk mempertegas area luar mata dan sebagai warna-warna transisi. Nah, supaya mata nggak terlihat terlalu flat, kamu harus memadukan matte eyeshadow dengan shimmer atau satin eyeshadow.

makeupgeek_secretgarden006Image Source : Temptalia.com

Duo Chrome Eyeshadow
Artinya eyeshadow tersebut warnanya akan berubah ketika terkena cahaya. Kalau dalam bahasa Indonesia sih, sama saja seperti bunglon. Biasanya dalam satu eyeshadow terdapat dua warna yang berbeda, misalnya warna dasarnya cokelat kemerahan, tapi ketika terkena cahaya lampu akan ada hint warna biru, emas atau pun hijau tergantung kombinasi dalam eyeshadow tersebut. Karena warnanya sudah unik, biasanya eyeshadow ini digunakan sendiri tanpa dipadu dengan eyeshadow lainnya. Another tip, kalau mau efek warna eyeshadow duo-chrome lebih terlihat, kamu bisa menggunakan cream eyeshadow berwarna hitam di bawahnya.

Nah, itu dia jenis-jenis hasil akhir eyeshadow yang banyak kita temukan di dalam eyeshadow palette! Mana yang jadi favorit kamu?