10 Istilah Makeup dalam Bahasa Inggris yang Paling Sering Diucapkan

Kalau cowok-cowok sering bilang mereka belajar bahasa Inggris dari game dan nonton bola, saya juga nggak mau kalah. Jika ditanya dari mana saya belajar bahasa Inggris, jawabannya adalah: makeup tutorial di Youtube!

Di video Battle of Local Liquid Lipstick, di situ saya dan Alda mencoba untuk menggunakan istilah-istilah dalam bahasa Indonesia untuk me-review macam-macam lipstik. Dalam dua menit saja, entah saya atau Alda sudah terlanjur keceplosan nyebut berbagai istilah makeup dalam bahasa Inggris. Tanpa bermaksud sok bule atau gaya-gayaan, tapi pada nyatanya memang susah banget ngomongin makeup dengan full berbahasa Indonesia. Cobain sendiri, deh!

Sejak kecil, saya belajar bahasa Inggris kebanyakan dari film atau lagu. Sekarang, semenjak rajin nonton Youtube, saya jadi banyak tahu slang dan istilah-istilah untuk mendeskripsikan makeup yang diucapkan oleh beauty guru. Berikut sepuluh istilah yang paling umum tentang makeup yang paling diucapkan beserta contoh kalimatnya:

1. Pigmented

Lorac-Pro-Palette-3Contoh: “Eyeshadow palette ini pigmented banget!”

Arti: Makeup dengan level pigmentasi tinggi akan lebih pekat dan “keluar” warnanya. Eyeshadow yang pigmented akan langsung terlihat jelas warnanya begitu disapukan ke mata. Kata ‘pigmented’ ini nggak hanya bisa di-apply pada eyeshadow, tetapi juga lipstik, blush, highlighter, dan produk makeup lainnya.

2. Patchy

Contoh: “Foundation ini kok keliatan patchy ya?.”

Arti: Patchy adalah sebutan kalau foundation yang kamu pakai malah menonjolkan bagian kulit yang kering dan mengelupas.

3. Ashy

Contoh: “Kok bedak lo kayak ashy gitu, sih?”

Arti: Saat kita memakai bedak, BB cream, atau foundation yang warnanya nggak nyatu dengan kulit, wajah kita akan terlihat abu-abu, dan inilah yang dinamakan ashy. Seperti yang Ochel tulis di artikel 4 Persepsi yang Salah Tentang Foundation, memilih foundation yang warnanya lebih terang dari kulit kita adalah BIG NO so please, stay away from this mistake!

4. Cakey

Contoh: “Foundation ini berasa cakey banget.”

Arti: Istilah gampangnya dalam bahasa Indonesia: dempul! Cakey itu berarti foundation yang kamu pakai berasa tebel banget, entah karena kamu pakainya ketebelan atau tekstur foundation tersebut memang thick.

5. Smudge

smudging mascaraContoh: “Yah, mascara-nya smudging.”

Arti: Smudging = luntur. Langsung jadi anak emo setelah mascara kamu dipakai wudhu atau keringetan? Nah, tandanya mascara kamu nggak smudge-proof, tuh. :D

6. Flaky

Contoh: “Mascara-nya flaky banget.”

Arti: Not to be confused with smudging, kata ‘flaky’ memang sering dipakai untuk menjelaskan mascara luntur, tapi jenis lunturnya lebih ke bubuk-bubuk hitam yang jatuh di bawah mata.

7. Clumpy

Contoh: “Gue suka sih mascara ini, tapi kadang terlalu clumpy kalo makenya kebanyakan.”

Arti: Terjemahan kata clumpy adalah gumpal. Mascara clumpy = mascara yang menggumpal!

8. Creasing

Contoh: “Kalo pake eye primer ini, eyeshadow gue jadi nggak gampang creasing.”

Arti: Creasing adalah ketika eyeshadow yang kamu pakai mulai luntur dan menonjolkan garis-garis di mata. Nggak cuma untuk eyeshadow saja, kata ‘creasing’ juga bisa dipakai untuk menjelaskan concealer yang luntur.

9. Fallout

falloutSumber: the fashionfoot.com

Contoh: “Mending pake eyeshadow dulu baru foundation biar nanti nggak banyak fallout.”

Arti: Kurang lebih sama seperti kata ‘flaky’, fallout adalah bubuk-bubuk eyeshadow yang jatuh di bawah mata. Satu tips menghindari fallout, kalau kamu mau membuat heavy eye makeup dengan glitter atau eyeshadow shimmery, memang lebih baik untuk memakai eyeshadow dulu baru foundation. Tapi kalau kamu merasa lebih nyaman pakai foundation duluan, saat memakai eye makeup bisa ditadahi dengan tisu.

10. Dupe

Contoh: “Lipstik Sariayu DLC 08 ternyata dupe-nya Girlactik Allure, lho!”

Arti: ‘Dupe’ diambil dari kata ‘duplicate’ yang artinya duplikat. Kalau kamu mendengar banyak orang yang bilang produk A adalah ‘dupe’ dari produk B, itu artinya adalah produk A merupakan duplikat dari produk B, yang biasanya harganya jauh lebih murah dengan kualitas atau warna yang hampir mirip.