Trik Mata Lebih Besar Tanpa Softlens

Pengen efek dolly look dengan mata yang terlihat besar, tapi nggak bisa memakai softlens? Kamu bisa menggunakan trik eye makeup di bawah ini, untuk menghasilkan efek mata lebih besar.

Cara paling gampang untuk membuat mata terkesan bulat dan besar seperti boneka adalah dengan menggunakan softlens yang punya diameter lebih besar dari pupil mata kita. Sayangnya nggak semua orang cocok dengan softlens yang diameternya lebar, termasuk saya. Saya nggak pernah berhasil memakai softlens yang diameternya besar. Pasti selalu berakhir dengan mata saya perih, memerah, dan berair.

Makanya saya nggak pernah pakai softlens yang diameternya besar. Kalau sedang ingin tampilan mata terlihat lebih bulat dan besar, atau efek dolly look, saya lebih suka menyiasatinya dengan eyeshadow, eyeliner, dan bulu mata palsu dengan bentuk yang sesuai.

Begini caranya:

mata bulat tanpa soflens (1)

Alis

Buat alis yang lekukan atau arch-nya sedikit lebih tinggi daripada yang biasanya kita buat. Tapi perlu diingat, alis yang kita buat harus tetap kelihatan natural ya. Perkirakan ketinggian alis maksimal yang masih bisa terlihat natural dan menyatu dengan keseluruhan wajah kita. Alis yang lebih tinggi ini akan membuat area kelopak mata lebih luas, sehingga kita bisa menaikan garis crease, dengan cara mengaplikasikan eyeshadow di atas lipatan mata natural kita. Trik ini akan membantu membuat mata terlihat lebih bulat.

Baca juga: Membentuk Alis Sesuai Bentuk Wajah

Eyeshadow

Sama seperti prinsip face contouring dan highlighting, kita harus membubuhkan warna yang terang dan ber-shimmer untuk daerah-daerah yang ingin ditonjolkan, dan menggelapkan daerah-daerah tertentu untuk ilusi lekukan. Untuk membuat mata terlihat lebih bulat, yang perlu ditonjolkan adalah bagian tengah kelopak mata. Jadi aplikasikan shimmery eyeshadow warna terang pada bagian tengah kelopak mata. Untuk area ujung-ujungnya, baik ujung luar maupun dalam mata, aplikasikan matte eyeshadow dengan warna yang gelap. Jangan lupa untuk mengaplikasikan eyeshadow sedikit lebih ke atas daripada lipatan mata asli kita.

Cara paling gampang untuk mengaplikasikan eyeshadow seperti ini adalah, dengan cara mengaplikasikan matte eyeshadow warna gelap terlebih dahulu pada ujung-ujung mata, dengan menggunakan tapered eye blending brush. Saya memakai Masami Shouko Tapered Blending Brush No. 219 , yang fluffy namun ujungnya meruncing sehingga memudahkan untuk membaurkan eyeshadow di area-area yang sempit.

Lalu untuk mengaplikasikan shimmery eyeshadow pada bagian tengah kelopak mata, gunakan jari tangan saja, dengan cara ditepuk-tepukan perlahan. Penggunaan jari tangan akan membuat warna shimmery eyeshadow menjadi lebih pigmented. Setelah itu, blend semua perbatasan warna dengan blending brush yang bersih.

Eyeliner

Untuk kelopak mata bagian atas, hindari mengaplikasikan eyeliner dengan bentuk winged liner. Wing liner akan membuat ilusi mata kita terlihat lebih panjang, bukan membulat. Jadi cukup aplikasikan eyeliner berwarna hitam mengikuti garis mata atas. Sementara untuk waterline bagian bawah, aplikasikan white eyeliner. Eyeliner bawah ini boleh diaplikasikan sedikit lebih lebar melebihi garis waterline. Efeknya mata akan terlihat lebih terbuka dan bulat.

Bulu Mata Palsu

Hindari juga bulu mata palsu yang bentuknya wispies, atau semakin ke luar semakin memanjang. Karena bulu mata palsu bentuk wispies ini efeknya sama dengan wing eyeliner, yaitu membuat mata terlihat lebih panjang. Kalau bisa sih pilih bulu mata yang design bulunya lebih tebal di bagian tengah. Tapi kalau tidak ada, setidaknya pilih bulu mata yang bulu bagian tengahnya lebih panjang, sementara bulu pada ujung kanan dan kirinya seimbang panjangnya.

mata bulat tanpa soflens (2)

Nah, seperti ini hasilnya bila mata dibuka. Mata kiri saya terlihat lebih bulat dan besar kan, bila dibandingkan dengan mata sebelah kanan yang tidak di-makeup dengan step-step trik mata lebih besar?

Selamat mencoba ;).