Pentingkah Membentuk Alis Sesuai Bentuk Wajah?

Ternyata alis yang rapi dan terbentuk aja nggak cukup. Membentuk alis sesuai bentuk wajah bisa bikin wajah kita kelihatan proporsional. Tapi gimana caranya?

Kalau saya yang ditanya, pasti jawabannya: boro-boro! Bikin alis yang rapi aja baru bisa belakangan ini kok :D Yup, sebelum kenal dengan Benefit Brows, jujur aja menggambar alis itu adalah langkah makeup yang paling painful untuk saya. No matter what I did, I couldn’t seem to get the right brows that I like: natural and yet well-groomed.

Beruntung saya “dirangkul” oleh para Benebabes dan dikenalin sama service brow wax mereka, sehingga bentuk alis saya yang tadinya miring-miring (thanks to a sloppy brow shaping service at another place), sukses dibikin rapi. Nggak cuma itu, saya juga diajarin cara memakai produk-produk alisnya Benefit Cosmetics yang bukan cuma lengkap, tapi super gampang digunakan even untuk amatiran seperti saya ini.

Tapi belakangan, karena sering “tampil” di video Skincare 101, saya jadi sadar bahwa, walaupun alis saya sekarang jauh lebih rapi, ada saatnya saya salah membentuk alis sehingga membuat wajah saya jadi agak aneh. Sementara, kalau saya nggak sengaja membentuk alis yang benar, my face actually looks more well-balanced.

Saya akhirnya jadi cari tau, gimana sih caranya membentuk alis sesuai bentuk wajah? Dan ini jawaban yang saya temukan. Apakah kamu sudah melakukannya?

Wajah Kotak (Square)

wajah-kotak

Untuk menghindari kesan terlalu boxy, kuncinya ada di arch pada alis kita. Beri sudut di bagian alis yang tertinggi untuk memberikan kesan wajah yang lebih tirus. Bingung puncaknya alis ada di mana? Benefit Cosmetics punya Brow Mapping Tool, yang bisa digunakan untuk mengukur dari bagian terluar alis dan sepanjang mata sehingga kamu bisa menemukan di mana bagian tertinggi alis alami kamu. Belum punya Brow Map? Bisa gunakan pensil alis atau eyeliner!

benefit-brow-mapping-tool

Wajah Berbentuk Hati

wajah hati

Untuk memperlembut wajah berbentuk hati, bentuk arch yang lebih membulat. Alis seperti ini cocoknya menggunakan produk pensil yang tidak terlalu runcing atau kecil ujungnya, seperti Benefit Goof Proof. Pensil yang berbahan wax ini mempunyai bentuk teardrop sehingga memudahkan kamu untuk membuat alis yang lebih lembut tanpa angle yang terlalu kaku.

Wajah Bulat

wajah bulat

Bentuk wajah ini membutuhkan alis yang lebih berstruktur untuk memberikan dimensi pada wajah. Ini bentuk wajah saya nih, dan ternyata kuncinya adalah di arch yang lebih bersudut dan juga ujung alis yang lebih panjang. Akhir-akhir ini saya jadi sering pakai brow shaping stencil untuk membantu saya membentuk alis yang sesuai keinginan dan menggambarnya dengan Benefit Precisely My Brow pencil. Ini beneran pensil alis HG saya karena ujungnya super kecil sehingga mudah banget membentuk angle dengan presisi, sekaligus “mengarsir” alis supaya kelihatan natural. Setelahnya saya pakai Benefit High Brow Glow, pas di bagian bawah arch alis saya supaya makin memberikan kesan “lifted” dan membuat wajah saya kelihatan lebih tirus.

benefit-brow-shaping-stencil

Wajah Oval

wajah oval

Everyone’s dream face shape! Untuk bentuk wajah ideal ini, yang perlu kamu perhatikan adalah tebal / tipisnya alismu supaya kelihatan tetap proporsional. Hindari alis yang “menukik” karena akan membuat wajahmu terlihat kaget, dan juga jaga supaya ujungnya nggak terlalu pendek, yang bisa membuat kesan tembam.

Wajah Panjang

wajah-panjang

Untuk memberikan bentuk wajah yang lebih proporsional, perhatikan ujung alismu. Kebalikan dari wajah oval, sebaiknya kamu pastikan bahwa ujung alismu dibuat lebih pendek supaya wajahmu kelihatan lebih full. Nah, kalau alis asli kamu ujungnya panjang, mendingan minta bantuan profesional (alias para brow artist di Benefit) untuk membuatnya lebih pendek. Trik lainnya adalah membentuk alis yang lebih horizontal alias lurus, supaya wajahmu kelihatan lebih oval. Gunakan produk alis yang berbentuk krim gel, seperti Benefit KaBrow, dan tarik garis lurus di bawah alis (bukan di atas) sambil tetap mengikuti lekukan natural alis. Setelahnya, blend krim tersebut ke tengah alismu supaya lebih berstruktur, tapi tetap jaga supaya bagian atasnya tidak terlalu terdefinisi agar wajahmu tidak kelihatan semakin panjang.