Inside FDHQ: Cleansing Oil untuk Skincare Kulit Berjerawat

Untuk pemilik kulit acne prone, menggunakan cleansing oil bisa terkesan menyeramkan. Ini pengalaman tim FD yang pakai cleansing oil untuk skincare kulit berjerawat mereka.

Siapa di sini yang kulitnya acne prone? Setelah “bersahabat” dengan jerawat sepanjang usia sekolah saya, sekarang kulit saya cukup di posisi aman dan hanya jerawatan di saat-saat tertentu saja. Itupun hanya satu-dua. Tapi, bukan berarti saya bebas nyobain banyak produk tanpa takut breakout dan jerawatan lagi. Saya masih sangat berhati-hati dalam memilih produk dan berusaha menjauhi produk yang beresiko tinggi bikin jerawatan.

Body Cleansing Oil

Dulu, saya juga cukup ngeri dan dengan konsep mencuci muka dengan cleansing oil. Saya masih termasuk orang yang perlu blotting setiap beberapa jam sekali untuk menghapus kelebihan minyak. Konsep mengaplikasikan minyak ke kulit saya yang sudah berminyak banget ini memang enggak gampang untuk saya mengerti di awal. Saya sempat mikir, ‘Lah, kan kulit gue udah berminyak. Kalo ditambahin minyaknya, apa enggak tambah tumbuh jerawat baru?!’. Otomatis saya jadi parno abis, hahaha. Tapi karena penasaran, saya akhirnya mencoba memasukan cleansing oil di skincare routine saya.

Produk pertama yang saya gunakan adalah The Body Shop Chamomile Silky Cleansing Oil. Enggak ada reaksi negatif, sih, tapi saya kurang suka tekstur oil-nya yang masih terhitung thick, meninggalkan residu, dan susah mengontrol produknya. Karena saya clumsy dan “pecicilan”, produk bisa masuk ke mata dan jadi enggak nyaman. Lalu, saya mencoba Shu Uemura Ultime8 Sublime Beauty Cleansing Oil. Saya suka sih sama produknya, ringan banget, enggak ada reaksi negatif juga, sukses membersihkan makeup dan kotoran di wajah. Cleansing oil dari Shu Uemura juga enggak meninggalkan residu seperti produk dari The Body Shop. So far, saya suka cleansing oil yang teksturnya agak cair, ringan, dan enggak meninggalkan residu pastinya.

Brina Body

Di Female Daily, pemilik kulit acne-prone dan berminyak enggak cuma saya saja. Kak Netta dan Kak Dori adalah pemilik kulit picky yang juga punya pengalaman menggunakan cleansing oilBenar enggak sih, pemilik kulit acne prone tuh enggak bisa menggunakan cleansing oil?

Account Executive Female Daily, Kak Dori

“Aku pernah pakai The Body Shop Camomile Silky Cleansing Oil, tapi sayangnya aku enggak cocok dan jadi purging di daerah pipi. Purging-nya juga enggak tanggung-tanggung, jumlahnya banyak dan jenis jerawatnya pun yang besar-besar di bawah kulit. Padahal, aku suka banget produk tersebut karena teksturnya yang thick, wanginya calming, dan pas banget untuk menghapus kotoran di wajah. Aku jadi harus kontrol ke dokter untuk membenahi kulitku.

Kak Dori Body

Saat ini, kulitku sudah membaik, tapi aku enggak bisa sembarangan pakai cleansing oil. Kalau salah produk bisa menimbulkan reaksi perih di kulit. Sekarang, aku lagi pakai Hada Labo Gokujyun Ultimate Cleansing Oil dan thank god aku cocok! Karena teksturnya lebih tipis dari produk The Body Shop, produknya enggak bikin buram kalau enggak sengaja masuk mata. Cleansing oil dari Hada Labo ini juga mampu membersihkan wajahku dari kotoran dan sisa makeup.”

Senior Editor Female Daily, Kak Netta

“Pingin banget cocok pake cleansing oil, karena memang efektif dan kulit rasanya enak banget setelah bersihin muka pakai cleansing oil. Tapi sayangnya, aku enggak pernah cocok sama tipe produk ini, mungkin karena kulit aku yang clog prone.

Dulu nyobain Muji Cleansing Oil, juga nyobain Oil Cleansing Method dengan natural carrier oil, tapi langsung keluar jerawat besoknya. Padahal aku yakin cara pakainya udah bener. Paling terakhir, aku nyobain Emina Trace Less Oil Cleanser. Kalau yang satu ini kerasa daya angkatnya kurang oke. Jadi pas besoknya nongol jerawat, bisa jadi karena alasan itu.”

Kak Netta Body

Kesimpulan aku, walau produk oil cleanser yang aku pilih enggak mengandung fragrance, oleic acid atau mineral oil, yang biasanya jadi penyebab clogging di kulit aku, produk minyak-minyakan simply enggak akur di kulit clog prone aku. Sekarang aku pakai Eucerin DermatoCLEAN Mild Cleansing Milk untuk first cleanser saat pakai foundation. Aman sentosa haha.”

Final Verdict

Nah, berdasarkan tiga pengalaman di atas, saya bisa menyimpulkan kalau sebenarnya memiliki kulit yang acne prone enggak harus menjauhi cleansing oil. Kamu hanya perlu menemukan produk yang cocok, but this rule applies to all type of skincare product. Yang pasti, kamu harus tetap melakukan proses double cleansing untuk memastikan kulit kamu benar-benar bersih! Kalau penasaran sama rekomendasi cleansing oil yang bagus, bisa cek di sini atau di sini. Happy hunting!