3 Alasan Kenapa Saya Suka Korean Beauty

Korean beauty bukan cuma trend, tapi sesuatu yang turun-temurun di keluarga saya. Kok bisa?

Produk skincare dan makeup Korea memang sangat populer di Female Daily. Bahkan di #FDOpenDiscussion kemarin, 70% FD-ers menjawab bahwa mereka lebih menyukai Korean skincare daripada Japanese skincare. Hmm, mungkin ini pengaruh terlalu banyak menonton drama-drama Korea kali ya? razz

korean beauty 2Foto: soompi.com

Well, love it or hate it, Korean beauty is here to stay. Dari artikel-artikel yang pernah saya tulis di FD (yang kayaknya 60% semua ada kaitannya dengan produk Korea lol), sudah bukan rahasia lagi bahwa saya juga penggemar berat K-beauty, and here are the reasons why:

Tidak Pernah Berhenti Berinovasi

We all know that the Koreans are obsessed with anything beauty. Makeup atau skincare itu sepenting makan atau tidur untuk wanita-wanita ini. Karena itu, beauty industry Korea harus selalu menciptakan produk baru untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Beda dengan Japanese Beauty yang lebih fokus ke classic ingredients, konsumen Korea tidak pernah berhenti mencari produk kecantikan yang lebih baru dan lebih bagus, sehingga beauty brands Korea juga tidak pernah berhenti berinovasi. Mau sheet mask yang mengandung racun lebah ataupun skincare kolagen babi, tren kecantikan Korea selalu berganti-ganti dan selalu unik, walaupun kadang sering membuat kita garuk-garuk kepala karena heran confused.

Skincare First, Makeup Second

Kalau saya harus memilih satu life quote yang menjadi pedoman saya seumur hidup, this would be it. Saya sering mendapatkan pertanyaan seperti, “Kok kulit kamu bisa bagus ya, padahal tiap hari pakai makeup?” Well, it’s because you don’t see how much I invest on skincare!angelina1

“Skincare first, makeup second” adalah filosofi yang diterapkan wanita-wanita Korea. Mindset ini juga ditanamkan oleh mama dan nenek saya sejak saya kecil. Juga penggemar Korean skincare, mereka tidak pernah skip skincare routine sehari pun, dan bahkan mempunyai lebih banyak skincare products daripada produk makeup eekKenapa begitu? Karena wanita-wanita Korea tidak hanya mengandalkan makeup untuk mendapatkan penampilan yang bagus. Untuk mereka, makeup is just a temporary solution. Hanya dengan kulit yang bagus dan terawat, baru bisa keluar rumah dengan minimal makeup dan masih terlihat flawless.

Baca juga: Get the Flawless Korean Makeup Look

Nothing Is a One-Size-Fits-All

Di Female Daily, kita sering mengingatkan bahwa setiap orang mempunyai kulit yang berbeda-beda. Contohnya, kalau sebuah produk cocok dengan si A, tidak berarti cocok untuk si B atau si C. Similarly, the Korean approach untuk skincare dan makeup bukanlah mengikuti setiap tutorial beauty gurus yang ada di YouTube, melainkan dengan menganalisis kulit sendiri dan menentukan kondisi apa yang perlu kamu “perbaiki”. Karena itu, skincare and makeup Korea itu ada banyakkk banget jenisnya, dan tidak ada yang one-size-fits-all alias bisa digunakan untuk semua jenis kulit.

An easy example adalah sheet masks Korea, yang bisa ditemukan dalam berbagai jenis dan fungsi-fungsi yang berbeda, jadi tidak susah untuk mendapatkan produk yang cocok. Kulitmu cenderung kering seperti saya? Cobain deh The Face Shop Real Nature Mask yang Shea Butter. Kulit kamu lebih sensitif? Sheet mask Dr. Jart Calm You Sensitive Skin mungkin lebih cocok untukmu.

Baca juga: 5 Korean Sheet Masks yang Harus Kamu Coba

Pokoknya, the Koreans have the solution for every beauty problem you have, and that’s why I love them. Kalau kamu, #TeamKoreanBeauty juga? Apa alasannya? biggrin