Rekomendasi Skincare Korea untuk Remaja

Untuk usia remaja, kulit yang sehat lebih penting ketimbang makeup yang sempurna. Dan pada siapa lagi kita harus berkaca kalau bukan pada perempuan-perempuan Korea? Kulit mereka yang bening, mulus dan sehat idaman banget deh pokoknya.

Dari face cream yang terbuat dari keju sampai masker untuk kaki, memang bukan rahasia lagi bahwa wanita Korea tergila-gila dengan produk skincare. Pasti para FD-ers juga sudah nggak asing lagi dengan 10-step Skincare Routine wanita Korea. Tapi, kalau untuk remaja harus gimana? Apakah perlu mengikuti setiap langkah 10-step skincare routine ini untuk mendapatkan kulit yang bagus? confused

skincare remaja 1Well, bukan hanya budget tidak mencukupi, menggunakan terlalu banyak produk (walaupun untuk skincare) sebenarnya tidak bagus untuk kulit remaja lho. Seperti yang pernah dibilang kak Dara: Take it slow! Jadi, setelah mencoba-coba, akhirnya inilah versi simple Korean skincare routine yang saya pakai, dan boleh kamu ikuti dengan mudah.

Cleansing

Cleansing is the first and the most important step, apalagi setelah beraktifitas diluar seharian. Salah satu face wash yang bisa kamu coba adalah Innisfree Cleansing Foam, yang tersedia dalam banyak varian seperti Jeju Volcanic yang cocok untuk kulit berminyak, atau Green Tea yang cocok untuk kulit yang lebih kering. Kalau kamu adalah pengguna heavy makeup, cobalah cleansing balm seperti Banila co. Clean it Zero sebelum face wash untuk benar-benar mengangkat makeup dan kotoran dari muka.

Baca juga: Cleansing Balm Favorit dari Korea: Banila.co Clean It Zero

Facial Scrub

Masalah utama remaja itu biasanya adalah wajah yang terlalu berminyak. Salah satu sebabnya adalah pori-pori yang tersumbat, jadi membersihkan wajah dengan face wash atau cleansing balm saja tidak cukup. Diperlukan perawatan dengan exfoliating seperti facial scrub yang dapat membersihkan kulit lebih dalam. Saya biasanya menggunakan Wonder Pore Deep Foaming Cleanser paling tidak seminggu dua kali kalau pori-pori lagi meradang. Hasilnya, kulit menjadi lebih mulus dan glowing ala ala bintang Korea gitu razz.

wonder pore skincare remajaSpot Treatment

Untuk kulit yang lebih ‘rewel’, apalagi kalau lagi PMS, boleh dicoba COSRX Natural BHA Skin Returning A-Sol, salah satu spot treatment Korea yang sangat populer. Despite its fancy name, sebenarnya produk ini berfungsi seperti obat totol jerawat biasa. Tapi, dengan kandungan AHA dan natural BHA nya, spot treatment ini dapat membantu dalam mengendalikan excess sebum dan membersihkan kotoran dan sel-sel kulit mati. Natural BHA Skin Returning A-Sol ini cocok untuk remaja karena teksturnya yang cair dan bening, membuatnya gampang digunakan saat di luar rumah, seperti ke sekolah atau lagi hang out bareng temen-temen.

Baca juga: Skincare Korea untuk Jerawat

Moisturizer

Sama seperti makanan, moisturizer berfungsi sebagai asupan nutrisi buat kulit kita. Tapi jangan keliru, walaupun moisturizer penting untuk menjaga kelembaban kulit, oily skin tetap perlu memakai pelembab lho. Namun, pilihlah pelembab water-based atau bertekstur gel, seperti Etude House Moistfull Collagen Cream. Walaupun teksturnya ringan, this moisturizer is pretty powerful. Saya mempunyai kulit yang cenderung kering, dan ditambah lagi saya tinggal di Melbourne yang musim dinginnya can get pretty crazy cold, tapi moisturizer ini dapat membuat kulit saya lembut seperti jelly sepanjang hari.

moistfull etude skincare remaja

Sunscreen

Untuk melindungi kulit dari dampak buruk paparan sinar matahari, sunscreen is a must! Saya menggunakan The Face Shop Natural Sun Eco Sebum Control Moisture Sun and I have been faithful to this product my whole life. Karena T-Zone saya cukup oily, yang saya sukai dari sunscreen ini adalah teksturnya yang tidak lengket dan tidak membuat wajah terlihat berminyak. Walaupun ada sebum control, produk ini juga tidak membuat kulit saya yang kombinasi ini lebih kering. Teman saya yang mempunyai kulit sensitif dan susah untuk mencari sunscreen yang pas untuk kulitnya, juga cocok kok dengan sunscreen The Face Shop ini. Wah, it seems like it’s a sunscreen made for everybody, huh?

Nah itulah beberapa rekomendasi skincare Korea untuk remaja yang saya pakai. Apakah kamu mempunyai produk skincare Korea andalan yang belum disebut disini? Share di kolom komen yuk! biggrin