LUSH Mask of Magnaminty, Clay Mask Pembasmi Jerawat

Setelah video Skincare 101: All About Clay Mask kemarin, saya punya rekomendasi tambahan rekomendasi clay mask untuk jerawat. LUSH Mask of Magnaminty!

MoM Body 3

Dimulai dari kebiasaan nonton beauty influencer dari UK yang tiap nge-vlog selalu mandi berendam dengan bath bomb-nya LUSH, saya mulai kepo dan ‘nyicil’ beli produknya sedikit demi sedikit. Semenjak itu, brand asal United Kingdom ini langsung masuk ke dalam list brand kosmetik favorit saya karena brand value-nya yang cruelty-free, fresh, dan vegetarian, ditambah produk-produknya yang unik dan cuma ada di LUSH.

LUSH ini pernah punya outlet di Jakarta, tapi sayangnya sekarang sudah tutup. Karena itu, tiap liburan ke luar negeri saya selalu memaksimalkan destinasi pergi untuk memastikan tempat yang saya kunjungi ada toko LUSH-nya! Akhir tahun kemarin, saya berkesempatan liburan ke Singapura dan saya memutuskan untuk beli LUSH Mask of Magnaminty setelah baca banyak review di internet. Masker ini sudah jadi holy grail product banyak orang dan sudah sering direkomendasikan di forum Female Daily, mulai dari pemilik kulit berjerawat parah sampai yang kulitnya sensitif.

MoM Body 2

Mask of Magnaminty termasuk dalam kategori clay mask karena bahan utamanya adalah Bentonite dan Kaolin Clay, yang berfungsi untuk menyerap racun, mengurangi produksi minyak berlebih, dan mampu menjadi gentle exfoliant juga. Selain itu, masker ini mengandung madu untuk mengurangi inflamasi, biji aduki sebagai exfoliating agent tambahan, dan beberapa ekstrak bahan-bahan alami, seperti peppermint, primrose seeds, dan bunga marigold.

Warna clay mask ini hijau dengan aroma peppermint yang tajam banget. Untuk beberapa orang, wanginya ini yang bikin wajah segar dan invigorating, tapi untuk saya, wanginya terlalu strong. Untungnya karena peppermint wanginya lumayan segar, jadi saya nggak sampai kepusingan dan overwhelmed saat menggunakan masker ini. Karena mengandung biji-bijian, teksturnya cukup kasar dan agak sulit untuk diratakan di wajah.

Saat diaplikasikan ke wajah, awalnya saya cukup santai karena nggak ada reaksi tingling sama sekali, tapi setelah didiamkan selama beberapa menit… Peppermint-nya mulai bekerja, dan rasanya kaya saya pake balsem otot di wajah! Mata saya sampai sempat berair karena panik, karena kulit saya cukup sensitif dan takut memicu breakout. Tapi karena penasaran, saya coba biarkan sampai sepuluh  menit, mengikuti petunjuk pemakaian produk ini. ‘Setelah ‘perjuangan’ selama sepuluh menit, saya bilas dengan air hangat dengan gerakan memutar untuk memaksimalkan eksfoliasi, lalu dikeringkan dengan cara ditepuk halus dengan handuk.

MoM Body 4

Efek yang pertama saya rasakan adalah kulit jadi dingin, segar dan lebih terlihat cerah. Tekstur kulit saya juga lebih halus dan pori tampak lebih kecil. Walaupun kulit saya termasuk kulit sensitif, saya nggak merasa perih atau iritasi sama sekali. For ‘research’ purposes, saya mencoba rajin untuk menggunakan masker ini secara rutin seminggu sekali. Setelah rutin menggunakan clay mask ini selama kurang lebih dua bulan, saya bisa bilang kalau the hype is definitely worth it! Saya puas banget dengan performance masker ini. Kelebihan minyak wajah saya jadi lebih terkontrol, terlihat lebih cerah dan segar, dan saya nggak pernah lagi mendapatkan cystic acne di wajah. Kalaupun berjerawat, tipe jerawatnya hanya jerawat ringan dan muncul di saat PMS saja.

Baca juga: Cara Mengatasi Jerawat di Bawah Permukaan Kulit

However, saya sering mendengar kalau masker ini bisa bikin kulit kering, so use it sparingly kalau kulit kamu cenderung kering. Untuk menghindari hal ini, kamu bisa membilas sebelum kering sempurna seperti saran Kak Affi di video atau coba cara Kak Netta dengan hanya menggunakan masker ini di daerah yang berjerawat sebagai spot treatment atau daerah wajah yang oily. 

Semakin digunakan, sensasi balsemnya juga berkurang kok, jadi lebih bearable dan terasa ringan. Atau jangan-jangan, itu cuma saya aja yang berusaha menoleransi sensasinya supaya nggak jerawatan lagi? Hahaha. Karena nggak ada tokonya di Indonesia, LUSH Mask of Magnaminty bisa dibeli lewat online shop atau titip teman yang sedang ke luar negeri. Satu tube seberat 125g dibandrol dengan harga SGD 28 atau GBP 10.95.

Pernah coba clay mask ini? Atau punya produk dengan love-hate relationship seperti ini juga?