banner-detik

diy

Pembersih Kuas Makeup Murah dan Efektif

seo-img-article

Pembersih kuas makeup yang murah tapi efektif ternyata bisa kamu temukan di kamar mandi dan dapur rumah!

Tahu dong, kalau mencuci kuas dan spons makeup seperti Beautyblender itu penting banget. Selain untuk menghindari bakteri, supaya kotoran nggak menumpuk juga di kulit wajah saat digunakan lagi. Dulu, saking parnonya dengan kuas kotor, saya sampai takut untuk pakai kuas foundation dan lebih memilih memakai jari untuk mengaplikasikan foundation dan concealer pada wajah. Namun, sebenarnya enggak perlu parno selama tools dibersihkan dengan tuntas, sih, ya.

Baca juga: Tips Memakai Foundation dari Cowok

pembersih-kuas-makeup-minyak-zaitun-manfaat-1

Salah satu pembersih kuas favorit di FD adalah The Soap Corner Brush Best Friend, yang walaupun awet tapi lumayan mahal bagi sebagian orang. Banyak juga yang membersihkan kuas pakai sabun bayi atau sampo. Memakai sampo juga jadi cara cukup ampuh bagi saya untuk membersihkan kuas, tapi hanya berlaku untuk eye brush saja sih, alias yang hanya berkenaan dengan produk bubuk. Untuk kuas foundation, ada cara murah-meriah yang lebih efektif lagi untuk mengangkat sisa-sisa foundation yang butuh deeper cleansing.

Caranya? Sabun cuci piring + olive oil! Kenapa cara ini bisa efektif? Sabun cuci piring berperan sebagai desinfektan yang kuat, dan olive oil bagus dalam menyerap minyak sekaligus sebagai “conditioner” bulu kuas setelah terkena sabun yang keras. Alternatif lain, kamu bisa pakai sabun anti-bakteri seperti Dettol dan minyak lain seperti minyak kelapa.

pembersih-kuas-makeup-minyak-zaitun-manfaat-2

Cara membersihkan kuas dengan concoction ini adalah dengan menuang 1:1 sabun dan minyak ke atas piring. Swirl your brush to the liquid, dan kamu bisa lihat semua warna dan foundation luruh. Setelahnya, bilas kuas di bawah kucuran air suhu ruangan/ hangat, sambil dipijat bulu kuasnya hingga air bilasan bening kembali.

“Ramuan” ini juga bisa untuk membersihkan spons. Caranya, teteskan sabun dan minyak ke atas spons, lalu massage spons di bawah kucuran air hingga berbusa. Lakukan terus hingga spons bersih. Jangan lupa peras spons hingga tidak ada lagi air yang menetes sebelum dijemur.

Nggak susah kan? Selamat mencoba!

Slow Down

Please wait a moment to post another comment