Sheet Mask Bikin Bruntusan?

Di artikel 3 Hal yang Nggak Disangka Bisa Mengurangi Jerawat, saya menulis kalau memakai sheet mask adalah salah satunya. Tapi, gimana kalau pemakaian sheet mask malah memicu bruntusan?

Fungsi utama sheet mask memang lebih untuk memberi hidrasi dan kelembapan ekstra pada kulit. Ada banyak sekali sheet mask dengan berbagai kandungan di luar sana, mulai dari ekstrak bunga-bungaan seperti calendula atau rose sampai ke sayur-sayuran seperti tomat dan ketimun.

Mayoritas memang bisa membuat kulit lebih lembap dan kenyal, tapi ada beberapa jenis kulit yang malah bruntusan setelah memakai sheet mask. Apa penyebabnya?

14469529_10154674768297566_9033609917289070606_n“Bisa jadi karena di dalam sheet mask ada kandungan vitamin E yang bisa memicu jerawat atau bruntusan di beberapa orang,” jelas dr. Dewi Hasanah, SpKK dari Essenskin Dermatovenereology. “Biasanya, kandungan vitamin E ini ditulis sebagai tocopherol dalam daftar ingredients.

Karena vitamin E memiliki tingkat moisture yang tinggi, jenis kulit oily atau acne-prone kadang bisa triggered oleh ingredient ini. Kelembapan kulit naik drastis dan produksi minyak pun jadi berlebih. Minyak yang berlebih ini bisa membuat kulit semakin greasy dan mengundang bakteri menumpuk di pori-pori. Dari situlah biasanya muncul semacam whiteheads atau bruntusan sebagai dampak dari kulit yang over-moisturized ini.

Baca juga: Kelebihan Masker Bubuk Lokal yang Murah Meriah

So, kalau kemarin kamu bertanya-tanya kenapa memakai sheet mask malah bikin bruntusan, coba cek lagi ingredients-nya. Apakah ada kandungan tocopherol di dalamnya? Atau justru malah ada di daftar ingredients teratas? Bisa jadi itu yang jadi penyebab bruntusan kamu.