Pemilik Kondisi Kulit Ini, Hindari Masker!

Pernah dengar kalau vokalis Aerosmith, Steven Tyler, ternyata addicted pakai masker? Ibu saya juga suka banget maskeran, sebagai sarana me time sore-sore.

Saya selama ini termasuk jarang maskeran, karena takut residu masker, entah itu essence dari sheet mask atau bubuk masker, yang kurang tercuci bersih, malah mengganggu kulit saya yang clogging prone dan berpori-pori besar.

Beda Masker, Beda Manfaat

Saat bertemu dengan dokter kulit dr. Tina Wardhani Wisesa, SpKK (K) di acara My Beauty Diary, saya pun banyak tanya-tanya soal masker. Menurut dr. Tina, yang merupakan dokter kulit laris di RS Sakti Medika, ada lima fungsi utama dari pemakaian masker.

manfaat-masker-wajah-sheet-mask-1Masker bubuk seperti clay mask paling bagus efek membersihkannya

  1. Memberihkan. Ini biasanya didapat dari penggunaan masker berjenis bubuk (seperti Aztec Clay Mask) atau krim (seperti Glamglow).
  2. Melembapkan, yang populer pada sheet mask seperti My Beauty Diary dari cairan essence-nya yang melimpah.
  3. Cooling. “Yang diharapkan dari efek ini adalah memperlancar aliran darah,” jelas dr. Tina.
  4. Relaksasi. Menurut dokter, perempuan sekarang makin sedikit yang memperhatikan hal ini. “Sebaiknya, kalau sedang maskeran, dalam keadaan relaks, jangan sambil jalan-jalan,” kata dr. Tina.
  5. Mengencangkan impul saraf. “Saraf di wajah kita itu kompleks sekali. Efek mengencangkan saraf ini biasanya kita rasakan setelah maskeran, dengan tanda-tanda wajah yang kencang, nge-pink, dan gembul-gembul gitu,”

manfaat-masker-wajah-sheet-mask-2Mask time= relax time

Jangan maskeran kalau…

Dengan banyaknya manfaat masker, tetap saja ada juga pantangan bagi kondisi-kondisi kulit tertentu. Menurut dr Tina, bagi kulit yang punya masalah jerawat dan banyak whiteheads, sebaiknya diobati dan dibersihkan dulu sebelum memakai masker. Karena kalau kulit dimasker tapi banyak ‘sumbatannya’, sama juga bohong.

Selain itu, kulit kering-sensitif juga sebaiknya menghindari maskeran. Hmm…even dengan efek cooling-nya?

“Karena, banyak masker sekarang itu kan mengandung vitamin = acid, yang bisa menimbulkan reaksi pada kulit sensitif. Jadi sebaiknya penggunaan masker ditunda dulu,” jelas dr. Tina.