Ngobrol Bareng 3 MUA Cowok Hits Indonesia

Nama-nama MUA cowok ini sudah sangat terkenal karena ciri khasnya masing-masing. Yuk, kenal lebih dalam dengan Irwan Riady, Upan Duvan dan Bubah Alfian!

Sejak melihat langsung kakak perempuan teman saya yang di acara pernikahannya dirias oleh salah satu MUA cowok tahun lalu, saya mulai memperhatikan hasil riasan MUA cowok Indonesia yang memang juara banget. Hasil riasan yang natural namun tetap membuat wajah terlihat flawless menjadi gaya riasan yang sangat digemari oleh pengantin-pengantin Indonesia  saat ini, dan mampu dihasilkan oleh para MUA cowok hits berikut. Saya pun beruntung bisa mengulik sedikit sejarah dari karir MUA hits Irwan Riady, Upan Duvan dan Bubah Alfian!

1. Irwan Riady

3-MUA-Cowok-yang-Makeup-nya-Juara-female-dailyinstagram.com/irwanriady

MUA yang mengawali karir sejak 1994 ini ternyata sudah menggemari makeup sejak SMA. Mas Irwan mengaku kalau keahliannya sekarang merupakan hasil eksperimennya sendiri alias otodidak. Dan nggak jauh-jauh, yang menjadi ”volunteer” untuk makeup pertamanya adalah ibunya. Tapi karena dulu menjadi MUA harus memiliki ijazah sekolah tata rias, Mas Irwan rela terbang ke Paris untuk sekolah sekaligus mendalami passion-nya ini.

Orang-orang biasanya mengenali tata rias Mas Irwan dari riasan mata dan alis. Menurut beberapa client-nya, mata yang tajam, tegas dan hidup menjadi signature look dari riasannya.

Baca juga: Qiqi Franky: “MUA Sukses Harus Punya 4 Hal Ini.”

“Saya memang suka mata yang bold seperti smokey eyes. Makeup saya memang mengikuti trend dan sesuai permintaan, namun tetap dengan ciri khas saya” jelasnya. Sifat perfectionist dan nggak gampang puas dari Mas Irwan pun nggak sia-sia. Penghargaan Best Make Up & Special Effect pada MTV Video Music Awards tahun 2000 dan Most Favorite Wedding MUA dari Beauty Voyage di tahun 2016 adalah buktinya.”

2. Upan Duvan

3-MUA-Cowok-yang-Makeup-nya-Juara-female-dailyinstagram.com/upanduvan

Hashtag Instagram-nya yang mengklaim bahwa seluruh foto yang di-upload merupakan hasil murni kerja tangannya, tanpa filter dan #withoutphotoshop memang bisa dipertanggungjawabkan oleh Kak Upan. MUA yang mengawali karirnya pada 2010 ini mengaku bisa menjadi MUA hanya dalam semalam! Bermodalkan satu kotak makeup dan kuas, ia keluar dari pekerjaan sebelumnya dan menjadi MUA tanpa pelatihan khusus.

Baca Juga: Lebih Dekat dengan Novi Arimuko, MUA Pengantin Tradisional

Dalam interview singkat saya, Kak Upan menjelaskan bahwa ia senang sekali membuat riasan yang “hidup” walau dalam bentuk yang paling sederhana sekalipun. “Saya ingin tiap orang yang melihat, langsung mengenali kalau itu goresan tangan saya,” tuturnya. Kunci kesuksesan dari Kak Upan hingga namanya sebesar sekarang adalah jangan pernah berhenti belajar dan berkembang.

“Cara makeup ya gitu-gitu aja. Hari gini produk bagus gampang didapat, tapi technique, taste, dan attitude yang menjadi benang merah kita, dan itulah yang diburu oleh client. Terinspirasi boleh, tapi segera temukan garis otentik sendiri karena itu yang akan orang ingat tentang kita, tambah Kak Upan.

Aspiring MUAs… Take note!

3. Bubah Alfian

3-MUA-Cowok-yang-Makeup-nya-Juara-female-dailyinstagram.com/bubahalfian

MUA yang udah pernah merias top model Tyra Banks ini mengaku kalau honor pertamanya sebagai makeup artist diawali dengan nominal Rp5000,-aja, lho! Sudah melanglang buana ke luar negeri, nggak mengubah karakternya yang humble dan ramah. Ini yang bikin client-client Bubah betah dan nyaman untuk di-makeup-in sama olehnya.

Menurut Bubah saat live chat bersama FD members, yang jadi signature look dari riasannya adalah “flawless with a little bit of fashion”. Ia juga menjelaskan bahwa dia nggak pingin mengubah wajah seseorang dalam riasannya, tapi lebih ke bagaimana flawless look dari riasannya dapat memancarkan kecantikan perempuan tersebut.

Video: Pejalanan Karir, Kanvas Impian dan Produk Favorit Bubah Alfian!