Lebih Dekat dengan Novi Arimuko, MUA Pengantin Tradisional

Female Daily sudah pernah mengangkat profile Bubah Alfian, Anpa Suha, para makeup artist yang saat ini sedang hits. Kali ini, saya mau mengajak FD-ers berkenalan dengan Novi Arimuko, makeup artist pengantin tradisional yang cukup ternama.

Perkenalan saya dengan Mba Novi Arimuko ini terjadi secara kebetulan, yaitu ketika saya pergi bersama rombongan para dokter kulit ke Prancis, dalam rangka undangan Avene Eau Thermal, skincare, beberapa waktu lalu. Hmm, awalnya saya nggak mengira sama sekali bahwa Mba Novi, begitu panggilan akrabnya adalah seorang makeup artist yang menekuni makeup pengantin tradisional.

Setiap kali bertemu dengan Mba Novi, gayanya selalu enak dilihat dan tampil trendy. Awalnya, saya sempat mengira, dia dulu seorang mantan model catwalk era 80an…Eeeh ternyata, Mba Novi adalah seorang Makeup Artist Pengantin Tradisional.

Novi Arimuko Kolase

Nah, ternyata setelah berkenalan lebih jauh dengan Mba Novi, barulah saya paham bahwa perempuan cantik kelahiran Surabaya, 25 November ini ternyata telah menggeluti profesi makeup artist sejak tahun 2005 silam.  Dan ia juga sudah mendapat berbagai penghargaan dari berbagai lomba makeup bergengsi.

Bisa cerita awal mula Mba Novi jadi menekuni dunia kecantikan?

“Awal mula terjun ke dunia makeup artist ini sebenarnya karena ‘terpaksa’, hahahaaa… Jadi, sebelum menekuni dunia makeup ini, saya bekerja di Surabaya, sebagai General Manager dari sebuah Golf Course. Kemudian pada tahun 1998, suami saya yang seorang dokter TNI-AD dipindahkan. Nah, mau nggak mau, saya harus ikut pindah ke Jakarta kan…Pada tahun 2000, saya pun pindah ke Jakarta. Saat itu, saya yang semula biasa bekerja, berkarier, tiba-tiba jadi nggak punya pekerjaan. Lalu, suami pun mengarahkan saya agar mencari kesibukan dengan misalnya menekuni hobi. Saya pun mulai deh cari-cari kegiatan apa ya yang paling cocok dengan hobi atau kegemaran pribadi. Akhirnya saya menyadari, belajar tentang makeup adalah yang paling pas dengan saya. Sejak kecil, saya suka menari. Nah, saat belajar menari itu, saya juga sudah belajar tentang makeup supaya bisa dandan sendiri sebelum menari, kan…”

Maka pada tahun 2000-2001 Mba Novi pun mulai ikut Kursus Kecantikan Kulit Tingkat Dasar-Mahir, Puspita Martha Jakarta. Kemudian ia juga sempat belajar di CIDESCO (Comite International D’Esthetique Et De Cosmetologie), Puspita Martha, Jakarta.

Belum puas sampai di situ, perempuan bertubuh tinggi langsing ini pun masih merasa perlu mengambil kursus lain seputar makeup dan hairstyling antara lain: Kursus Hairstyling Refreshing, Kursus Rias Pengantin Tradisional Solo Putri & Paes Ageng, Puspita Martha, Wedding Makeup & Hair Styling, Rudy Hadisuwarno Academy, Kursus Rias Pengantin Tradisional Solo dan Yogya pada Ibu Tienuk Rifki, Yogyakarta.

Novi Arimuko MUA

Mengapa Mba Novi masih merasa perlu kursus rias pengantin pada Ibu Tienuk Rifki, makeup artist tradisional terkenal?

“Iya, walau sudah kursus rias pengantin tradisional di Puspita Martha, saya masih merasa perlu belajar pada Ibu Tienuk, karena beliau kan memang praktisi yang sudah bergelut puluhan tahun. Dari beliau, saya mendapat banyak ilmu makeup lain. Ibu Tienuk kan seorang praktisi yang telah menjadi makeup artist pengantin tradisional selama puluhan tahun. Jadi dari beliau saya banyak mendapat tips dan trik makeup pengantin tradisional.”

Apa sih kesulitan utama saat merias pengantin tradisional?

“Tantangan terbesar merias pengantin tradisional, khususnya pengantin tradisional Yogya, Solo, Bali, Madura, Makassar itu adalah saat membuat paes agar bisa pas dengan bentuk wajah sang pengantin. Membentuk paes itu harus dipelajari dan banyak praktik. Itu bedanya merias pengantin tradisional dengan makeup pengantin atau bridal biasa.”

Mba Novi yang juga lulusan dari Universitas Airlangga, Surabaya, jurusan Hubungan Internasional ini, ternyata serius menekuni dunia makeup. Jasanya pun mulai dikenal. Order makeup pengantin nasional, bridal dan tradisional pun mengalir deras. Dari ketekunan dan kerja kerasnya, Novi Arimuko pun telah meraih beragam penghargaan antara lain: Juara I Tata Rias Pengantin Internasional, Juara II Long Hair Styling, Piala Rudy Hadisuwarno, Beauty Preneur of The Year, Puspita Martha, The Icon Award, LT Pro & La Tulip Cosmetic.

Novi Arimuko A Kolase

 Instagram Source: Mba Novi dan hasil makeup-nya

Kenapa Mba Novi memutuskan lebih fokus ke rias pengantin tradisional?

“Menurut saya, makeup pengantin itu istimewa, apalagi yang tradisional. Upacara perkawinan itu kan sakral, maka segala sesuatu harus disiapkan dengan istimewa, termasuk juga makeup sang pengantin. Dan perkawinan itu kan kalau bisa sekali seumur hidup, abadi sifatnya. Makeup yang dipakai sang mempelai perempuan pun harus disiapkan dengan baik. Saya percaya segala sesuatu yang dimulai dengan baik, pasti ke depannya akan berjalan dengan baik.”

Produk makeup apa saja yang jadi andalan Mba Novi saat makeup?

“Laura Mercier Foundation, Chanel Loose Powder, MAC Mineralize, Shu Uemura Eyeshadow. Biasanya saya belanja produk-produk makeup, saat lagi pergi ke luar negeri atau sekarang sih ya paling gampang belanja online ya…”

Sssttt…selain sibuk jadi MUA pengantin nasional, bridal dan tradisional, Mba Novi juga punya segudang aktivitas. Bagi kamu yang sedang berencana menggelar acara perkawinan, boleh lho lihat-lihat koleksi baju pengantin tradisional di NA Makeup and Hair Studio. Di sini beragam baju pengantin tradisional maupun yang sudah dimodifikasi ditata rapi, bersih dan cantik oleh Mba Novi. Kemudian, Mba Novi juga sibuk nih jadi contributor makeup artist di beberapa majalah dan media cetak. Kamu bisa melihat hasil karya MUA ini di www.noviarimuko.com. Bahkan, kreasi makeup Mba Novi juga sudah diterbitkan dalam sebuah buku yaitu: “Sang Puteri, Inspirasi Modern Pengantin Jawa dan Madura”.

Novi Arimuko Makeup Pengantin

Instagram dan Website source: Before-After makeup seorang pengantin; dan hasil makeup Mba Novi untuk pengantin Sumatera Barat

Bagi kamu yang sedang berencana untuk menikah, boleh lho konsultasi tentang makeup pengantin ke Novi Arimuko Makeup and Hair Studio , Jl. Haji Nawi Raya no.19, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Telp: 021-7205030, 7205024. Kalau mau kepoin hasil makeup pengantin tradisional maupun pengantin modern, kamu bisa intip akun instagramnya @Noviarimuko.