Ciri-Ciri Kulit Dehidrasi

Punya kulit berminyak, tapi terasa ketarik dan bahkan kadang mengelupas? Bisa jadi kamu punya masalah kulit dehidrasi.

Kalau kamu rajin baca-baca Female Daily, atau mingle di forum kita, pasti kamu sudah tahu deh tentang masalah dehidrasi kulit yang bisa terjadi pada setiap jenis kulit. Baik itu kering, normal, berminyak maupun kombinasi. Dehidrasi adalah sebuah masalah kulit, seperti layaknya jerawat atau komedo yang biasa dialami oleh siapa saja.

Apa sih sebenarnya dehidrasi kulit itu? Kulit yang dehidrasi itu adalah kulit yang kekurangan asupan cairan. Banyak banget hal-hal yang bisa menyebabkan kulit kita menjadi dehidrasi, seperti:

Banyak konsumsi kafein seperti kopi dan teh

Merokok

Sering terpapar sinar matahari atau udara AC

Kurang air putih

Pemakaian skincare yang bahannya tidak sesuai dengan kulit.

Nah, yang terakhir ini saya yakin jadi faktor utama penyebab kulit dehidrasi pada tipe kulit berminyak. Terlalu sering cuci muka atau bahkan menggunakan pembersih muka yang terlalu keras demi kulit bebas minyak bisa mengeringkan kulit dan menyebabkan kulit dehidrasi. Even worse, merusak lapisan alami pelindung kulit alias acid mantle.

Tanda-Tanda Kulit Dehidrasi

Bagaimana cara megetahui kalau kulit kamu dehidrasi? Coba cek apakah pada kulit kamu terdapat:

Garis-garis halus

Urat-urat halus alias pembuluh kapiler yang terlihat jelas

Rasa tertarik

Kesan mengilap padahal permukaan kulit tidak berminyak

Cara Mengatasi Kulit Dehidrasi

Untuk mengembalikan kesehatan kulit yang dehidrasi, yang pasti kamu harus menghindari faktor-faktor penyebabnya dulu, yang sudah saya sebutkan. Penting pakai banget, untuk stop menggunakan pembersih muka yang membuat kulit kamu terasa kering dan tertarik. Kebiasaan ini bisa menghilangkan pelembap alami kulit atau biasa disebut Natural Moisturizing Factor (NMF) di lapisan epidermis kulit, yaitu komponen asam amino + garam di sel kulit yang membantu kulit menahan air.

Karena itu, memenuhi asupan cairan penting untuk menghidrasi kulit dari dalam. Minum-minuman yang mengandung elektrolit untuk membantu tubuh menghasilkan NMF, juga bisa jadi booster bagi hidrasi kulit. Lengkapi juga dengan konsumsi buah-buahan kaya air dan antioksidan seperti semangka dan tomat yang baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. Dengan perawatan baik dari luar maupun dalam tubuh, kulit lembab dan terhidrasi bisa kamu dapatkan.

Diskusi tentang kulit dehidrasi juga ada di forum, lho. Yuk, ikuti obrolannya di sini.