Kebiasaan Mudah yang Bisa Mencegah Jerawat

Ada banyak sekali cara yang bisa kamu lakukan untuk mencegah jerawat muncul. Daripada langsung melakukan yang susah-susah, coba mulai dari enam kebiasaan ini dulu!

Pada dasarnya, tipe kulit berminyak lebih rentan untuk berjerawat. Ini karena kadar minyak yang cukup banyak pada kulit membuat sel-sel kulit mati, debu dan kuman gampang mengendap pada kulit. Belum lagi kalau teknik membersihkan wajah yang kurang benar bisa menambah peluang koloni bakteri berkembang biak semakin subur.

Ini dia enam kebiasaan sehari-hari yang bisa kamu lakukan untuk mencegah jerawat muncul di wajah. Gampang banget, kok!

1. Membersihkan Wajah Sampai Tuntas

Masih banyak orang yang takut memakai makeup karena takut jerawatan. Padahal, yang lebih bisa membuat jerawatan itu bukan makeupnya, tapi kalau kita nggak membersihkan secara tuntas. Lakukan double cleansing (membersihkan wajah dengan cleanser dulu kemudian dilanjutkan dengan sabun cuci muka) setiap hari, tanpa terkecuali! Ini wajib dilakukan supaya sisa-sisa makeup yang sudah bercampur dengan kotoran nggak mengendap di dalam pori-pori.

2. Membenahi Pola Makan

Nasihat paling klasik, tapi paling berguna. Kurangi mengonsumsi gula atau gorengan terlalu banyak supaya produksi minyak di kulit lebih terkontrol. Produksi minyak yang berlebihan di kulit bisa memicu breakout dan bruntusan! 

3. Perhatikan Kandungan Produk Makeup dan Skincare yang Dipakai

Sebagian dari kita masih suka termakan tren untuk urusan skincare, termasuk saya salah satunya. Kenali jenis kulit kamu dengan baik dan gunakan produk yang bisa mengatasi masalah kulitmu dengan tepat. Jangan lupa juga untuk selalu cek tanggal kadaluwarsa produk dan pastikan kamu menyimpannya dengan baik supaya nggak gampang terkontaminasi bakteri.

Baca juga: Punya Masalah Flek Hitam? Ini Cara Mengatasinya

4. Banyak Istirahat dan Kurangi Stress

Meningkatnya kadar minyak di kulit dipicu oleh hormon glukokortikoid, dimana penyebab utamanya adalah tingkat stress yang tinggi dan tidur kurang berkualitas. Istirahat dan tidur yang cukup juga bisa membantu memperbaiki kondisi kulit.

eno5. Lakukan olahraga ringan secara rutin

Kalau nggak sempat ke gym atau lari keliling kompleks, kamu bisa mengikuti video tutorial olahraga seperti Simple Workout for Flat Abs misalnya. Sel-sel kulit kita akan melakukan regenerasi lebih baik dan kulit akan jadi lebih sehat kalau kita rajin olahraga.

6. Jaga Kebersihan Rambut, handphone, dan Sarung Bantal

Waktu saya SMP dulu, area sekitar dahi dan pelipis saya dipenuhi bruntusan kecil-kecil. The culprit? Poni! :) Menjaga kebersihan rambut, terutama kalau kamu suka model rambut yang jatuh-jatuh ke muka, penting banget demi kesehatan kulit.

Nggak cuma harus rajin keramas, tetapi pastikan juga setiap keramas, kamu membilas rambut sampai bersih. Residu dari shampoo dan hair products yang menempel di ujung rambut bisa memicu timbulnya jerawat kecil-kecil.

Hal remeh lain yang nggak disangka-sangka menjadi penyebab jerawat? Layar handphone. Coba deh, sering-sering mengelap layar handphone kamu dari debu yang menumpuk. Sarung bantal juga, kalau bisa diganti seminggu sekali supaya nggak banyak bakteri yang menumpuk. Barangkali, alasan kamu suka bruntusan di sekitar telinga karena itu?

Selamat mencoba enam cara di atas ya!