Punya Masalah Flek Hitam? Ini Cara Mengatasinya

Flek atau noda hitam di wajah sering disebut sebagai hiperpigmentasi. Flek hitam ini memang agak sulit hilang, terkadang malah memakan waktu berbulan-bulan hingga bertahun-tahun. Penyebabnya bisa karena paparan sinar matahari, proses penuaan, atau faktor hormon.  

Mengatasi flek hitam yang timbul di wajah dapat diatasi dengan melakukan beberapa perawatan seperti chemical peeling, mikrodermabrasi atau dengan laser treatment. Pemilihan cara perawatan biasanya berdasarkan bentuk dan kedalaman flek itu sendiri.

Punya Masalah Flek Hitam? Ini Cara Mengatasinya 2Foto /skindiscolorationsolutions.org

Untuk membantu menyamarkan flek dan mencegahnya muncul lagi, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan, antara lain:

  1. Memakai sunscreen setiap hari. Proses regenerasi kulit akan berjalan lebih lama jika terus-terusan terpapar sinar matahari tanpa pelindung, karena itu pastikan sunscreen-mu memiliki minimal SPF 30 supaya flek hitam tidak semakin gelap warnanya.
  2. Mengonsumsi sayur-sayuran yang mengandung antioksidan seperti bayam atau asparagus. Antioksidan bisa membantu melindungi kulit dan membangun proteksi terhadap sinar UV dan polusi.

Selain dua cara di atas, kamu juga bisa mencoba beberapa home remedies, seperti masker susu, madu, dan oatmeal, atau masker castor oil dan lidah buaya. 
Supaya efeknya bisa lebih maksimal, konsumsi juga suplemen Air + H2 Health & Happiness Fair Skin secara rutin untuk mengatasi flek hitam dari dalam. Suplemen ini mengandung bahan-bahan Hytolive, L-cystein, dan vitamin C; H2 yang bisa membantu memudarkan flek hitam secara efektif.

Nah, kira-kira, cara mana yang mau kamu coba?