Compact Foundation dari Estee Lauder dan Sulwhasoo. Mana yang Lebih Bagus?

Baru-baru ini saya mencoba dua produk compact foundation dari dua brand high end yang berbeda, yaitu Estee Lauder dan Sulwhasoo. Mana yang lebih bagus?

Setelah menggunakan produk ini selama seminggu secara bergantian, saya memutuskan untuk membandingkan keduanya dan memilih mana yang lebih saya sukai. Which one do you think is the winner?

compact-foundation

The Product:

Estee Lauder Double Wear Makeup to Go Liquid Compact

Description:

The famous Estee Lauder Double Wear foundation comes in compact packaging! Except that it’s not. Walaupun namanya sama, formula dari foundation ini berbeda dari Double Wear yang legendaris itu. Produk ini finishnya lebih dewy dengan coverage yang sangat-sangat minim jika dibandingkan dengan Double Wear yang full coverage. Teksturnya menurut saya malah lebih mirip dengan tinted moisturizer daripada foundation.

compact-foundation2

Pros:

+Packagingnya sangat praktis! Ketika compact ini dibuka, kamu akan melihat sebuah lubang kecil dengan pump dispenser yang akan mengeluarkan foundation cair ini saat ditekan. Untuk saya, satu kali pump masih sangat tipis jadi biasanya saya akan menggunakan 2 kali pump. Ada spons yang disediakan di produk ini tapi menurut saya agak kurang enak untuk digunakan karena terlalu tipis dan bentuknya agak aneh. Jadi saya lebih memilih menggunakan paddle brush. If you have egg-shaped sponges like BeautyBlender, that will work well too.

+Saya sebenarnya malah suka dengan finish dan coverage Double Wear Makeup to Go ini karena enak banget untuk dipakai sehari-hari. Hasilnya kelihatan seperti my skin but better – karena warna kulit saya terlihat lebih merata, kemerahan samar dan kelihatan dewy juga.

+Foundation ini diformulasikan dengan hyaluronic acid, glycerine dan muru-muru butter. You know what that means right? Super hydrating formula that blends gorgeously on the skin without leaving dry patches at all. Foundation ini cocok banget untuk kulit kering atau kulit mature dengan fine lines.

+Pilihannya shadenya banyak banget! Produk yang saya gunakan ini shadenya Tawny dan cukup match dengan skintone saya. Di Amerika Serikat, Estee Lauder Double Wear Makeup to Go Liquid Compact ini tersedia dalam 20 shade yang berbeda, sayangnya di Indonesia hanya 9 saja, walaupun tetap lebih banyak daripada kebanyakan produk foundation lainnya di sini. Kita doakan saja semoga nantinya jenis shadenya akan ditambah.

compact-foundation-before

Bare-faced

compact-foundation-estee-lauder

Using Estee Lauder Double Wear Makeup to Go Liquid Compact, 2 layers, no setting powder

Cons:

-Not a very good staying power. Selama seharian saya harus beberapa kali touch up dengan bedak atau menghilangkan minyak dengan blotting paper, padahal sudah saya set dengan loose powder.

-Untuk harga Rp 640.000,- dengan kuantitas hanya 12 ml, produk ini menurut saya jatuhnya mahal banget.

The Product

Sulwhasoo Perfecting Cushion Brightening

Description:

Ini memang bukan BB cushion pertama Sulwhasoo, sebelumnya mereka sudah mengeluarkan Evenfair Perfecting Cushion yang juga sudah direview di Female Daily. Bedanya, produk generasi ke-2 ini memiliki brightening agents yaitu ekstrak bunga magnolia dan juga finishnya lebih matte dibandingkan versi sebelumnya yang sangat sangat dewy sampai terkesan “basah”.

compact-foundation3

Pros:

+Sesuai dengan klaimnya, saya memang melihat wajah saya lebih cerah ketika menggunakan Sulwhasoo Perfecting Cushion Brightening ini, terutama saat di foto. Finishnya pun memang lebih matte sehingga lebih cocok untuk cuaca panas di Indonesia dan juga untuk kulit orang Indonesia yang kebanyakan berminyak. Biar begitu, produk ini tidak juga dead matte, sehingga masih ada kok efek glowy khas BB cushion pada umumnya.

+Spons yang disediakan di compact ini bisa “mengambil” produk dengan baik sehingga cukup mudah digunakan. Tekstur produknya yang cukup ringan juga membuat produk ini mudah diratakan ke seluruh wajah dan saya tidak perlu menggunakan terlalu banyak.

+Untuk coverage, Sulwhasoo Pefecting Cushion Brightening ini bisa dibilang hampir sama dengan Estee Lauder Double Wear Makeup to Go, tapi saya tidak keberatan, juga dengan alasan karena saya lebih suka medium coverage untuk pemakaian sehari-hari.

+Seperti Sulwhasoo Evenfair Perfecting Cushion, kalau membeli produk ini kita akan mendapatkan 1 refill cushion, sehingga dengan harga Rp 750.000,- produk Sulwhasoo ini rasanya lebih ekonomis.

compact-foundation-sulwhasoo

Using Sulwhasoo Perfecting Cushion Brightening, 2 layers, no setting powder

Cons:

-The shade selections. Walaupun pilihannya sudah lebih banyak dari versi sebelumnya, yaitu 5 shades, tetap tidak cukup gelap untuk kebanyakan perempuan Indonesia. Shade yang saya gunakan adalah 25 (Deep Beige) merupakan shade yang paling gelap!

-Entah kenapa, saya sampai sekarang belum pernah menemukan produk complexion asal Korea yang shadenya benar-benar cocok dengan kulit saya. Kalau Estee Lauder punya undertone warm, produk Sulwhasoo ini menurut saya ada sedikit undertone abu-abunya. I know you can hardly tell by looking at my picture but I can and it bothers me.

-Untuk oil control, produk ini sama saja dengan Estee Lauder alias nggak tahan lama dan saya harus sering touch up untuk memastikan wajah saya tetap terlihat dewy dan nggak shiny.

The winner?

Walaupun kedua produk compact foundation ini memberikan hasil yang mirip sekali – dewy, luminous complexion, sheer coverage – dan juga sama-sama dikemas dalam bentuk compact yang sangat praktis dan mudah dibawa bepergian, saya pribadi lebih memilih Estee Lauder Double Wear Makeup to Go karena warnanya yang lebih pas dengan skintone saya dan finish-nya yang lebih mendekati tampilan kulit alami. But I have no doubt that Sulwhasoo Perfecting Cushion Brightening also has their devoted fans as so many Korean products do.

Kalau kamu sendiri gimana? Ada yang sudah kamu coba dari kedua produk ini? Share di komen ya!