3 Serum Hyaluronic Acid untuk Menjaga Kelembapan dan Kekenyalan Kulit

Hyaluronic Acid (HA) adalah salah satu kandungan yang dapat menjaga kelembapan dan kekenyalan kulit. Sebenarnya tubuh kita memiliki kandungan HA di dalamnya, akan tetapi seiring bertambahnya waktu, jumlah HA dalam tubuh makin menurun.

Fungsi dari HA ini sendiri adalah menjadi bantalan dan memberikan lubrikasi di antara persendian dan jaringan-jaringan lainnya. Selain kulit terlihat lebih kenyal dan penuh, cairan HA juga memberikan kelembapan pada kulit. Jadi tidak heran jika kita menggunakan produk yang mengandung HA seketika kulit terlihat lebih kenyal dan lebih berseri. Untuk lebih lanjut mengenai fungsi dan manfaat HA bisa dibaca di artikel ini.

Kandungan HA sendiri banyak ditemui dalam produk seperti hydrating toner atau pelembap. Tapi lagi-lagi di usia tertentu, HA yang didapat dari kedua produk tersebut tidak cukup. Perlu kandungan HA ekstra untuk membuat kekenyalan kulit kita bertahan atau bahkan mengembalikannya. Jika kalian merasa kulit kalian gampang kering, tidak dapat mempertahankan kelembapan terlalu lama dan juga terasa tidak kenyal maka mungkin sudah saatnya menambahkan serum HA ke dalam rutinitas perawatan wajah kalian.

Serum apa saja, sih, yang mengandung HA? Di bawah ini adalah tiga serum dengan kandungan HA yang saya sukai.

1. Indeed Laboratories Hydraluron

Produk ini adalah produk pertama yang membuat saya sadar betapa pentingnya HA untuk kulit kita dan bagaimana efeknya. Walaupun tidak ada di Indonesia, namun tidak susah lagi mencari produk ini di pasaran, mungkin lebih tepatnya di online shop atau Instagram.

Kenapa produk ini menjadi Holy Grail banyak orang? Karena harganya terjangkau, di Amerika Serikat serum ini dibanderol seharga US$24.99. Tidak terlalu mahal tapi hasilnya bagus! Just the kind of product that everyone would like.

Produk ini teksturnya seperti gel dan dipakai di langkah terakhir sebelum pelembap, setelah kalian selesai mengaplikasikan seluruh serum kalian. Setelah menggunakan serum ini baru gunakan pelembap di atasnya. Produk ini tidak bisa digunakan tanpa menggunakan pelembap dan bisa digabungkan dengan penggunaan serum lainnya.

Yang saya suka dari serum ini adalah membuat aplikasi foundation saya menjadi lebih bagus dan merata karena tekstur kulit saya menjadi halus, kulit terlihat lebih kenyal karena terhidrasi dengan baik dan pelembap apapun yang saya pakai cukup untuk memberikan kelembapan seharian.

3 Serum Hyaluronic Acid untuk Menjaga Kelembapan dan Kekenyalan Kulit 4-side2. Dr Jart Water-Up Serum Rp 728,000

Serum ini menarik perhatian saya karena katanya memiliki kadar HA sampai 15% dan juga menggunakan micromolecular HA yang dapat memberikan kelembapan sampai ke dalam. Yang saya suka dari serum ini adalah teksturnya cair kalau dibandingkan dengan Hydraluron dan terasa langsung menyerap. Saya merasa jika menggunakan Hydraluron, rasanya ada bantalan HA di atas permukaan kulit saya yang berfungsi untuk menahan kelembapan. Sedangkan serum ini terasa langsung menyerap dan kulit langsung terasa kenyal dan dingin.

Secara efek saya merasa kekenyalan kulit saya terasa sama saja, sih, dengan saat saya memakai Hydraluron. Akan tetapi produk ini terasa lebih melembapkan kulit saya dan jika sedang dehidrasi bisa sekalian mengatasi permasalah kering pada kulit tersebut. Yang paling penting produk ini bisa dengan mudahnya dibeli di Indonesia.

3. Novexpert Booster Serum Hyaluronique Rp 770,000

Katanya, sih, satu botol serum ini sama dengan 20x suntikan HA ke dalam kulit. Yes, there’s such thing! It’s called filler injection. Di dalam serum ini terdapat 4 macam HA dengan besar molekul berbeda-beda sehingga bisa memberikan kelembapan dan mengisi kembali rongga-rongga di kulit di berbagai lapisan kulit. Hasilnya? Kalau dari pengalaman saya mencobanya selama beberapa bulan terakhir saya merasanya seperti yang saya rasakan jika menggunakan Hydraluron dipadukan dengan Dr Jart Water Up Serum. Kulit saya dipermukaan terasa kenyal tapi kelembapan dapat terjaga dan bahkan seiring berjalannya waktu terasa lebih baik.

Tapi ketimbang kedua serum di atas yang terasa seperti gel dan lebih ringan, produk ini sedikit terasa lengket. Apalagi kalau tidak meratakannya dengan benar. Biasanya saya akan memakainya langsung setelah saya menggunakan hydrating lotion dan ketika kulit saya masih dingin kemudian saya ratakan sampai kulit saya terasa kesat sehingga tidak ada perasaan lengket. Serum ini memang disarankan untuk dipakaikan pertama sebelum serum lainnya sehingga dapat memberikan nutrisi pada kulit dan juga kelembapan sebelum kita memberikan treatment apapun pada kulit.