Beautypedia: Manfaat Hyaluronic Acid dan Rahasia Kulit Awet Muda

Kandungan Hyaluronic Acid (HA) sudah tidak asing lagi kita dengar. Kandungan ini banyak terdapat pada produk-produk yang berfungsi melembapkan dan sering memberikan klaim bahwa dapat memberikan 1000 kali lebih banyak. Apakah benar?

HA sebenarnya adalah kandungan yang terdapat pada tubuh manusia yang berfungsi sebagai bantalan dan memberikan lubrikasi di antara persendian dan jaringan-jaringan lainnya. Kandungan ini banyak digunakan pada produk perawatan kulit dan kecantikan lainnya karena memiliki fungsi untuk meningkatkan kandungan kelembapan pada kulit. Selain itu kandungan ini juga berfungsi meredakan inflamasi, terkenal dengan kemampuan untuk berkomunikasi dengan sel-sel lainnya serta mencegah hilangnya kelembapan pada kulit.

Inilah contoh produk skincare yang mengandung hyaluronic acid

Inilah contoh produk skincare yang mengandung hyaluronic acid

Seiring bertambahnya usia, maka kandungan HA yang terdapat pada kulit berkurang begitu pula kemampuan kulit untuk memproduksinya. Efeknya pada kulit, semakin menurunnya produksi HA pada tubuh maka kulit kita akan tampak kering, mulai berkeriput dan kendur. Ini karena bantalan yang ada pada kulit juga menurun jumlahnya.

Jadi tidak heran jika banyak yang melansir HA sebagai “fountain of youth” atau rahasia awet muda. Dengan menggunakan produk yang mengandung HA maka kulit kita mampu menjaga kelembapan lebih lama dan tidak kehilangan kelembapannya. Kulit yang kekeringan atau dehidrasi akan lebih cepat berkeriput oleh karena itu kadar kelembapan penting adanya, di sinilah HA memiliki peran penting.

Walaupun produk-produk yang mengandung HA banyak terkandung dalam produk perawatan yang ditujukan untuk kulit kering dan untuk aging care, tapi semua jenis kulit bisa mendapatkan manfaat dari kandungan tersebut. HA tidak membuat pelembap Anda terasa lebih ‘basah’ karena kandungan tersebut tidak kental dan mudah menyatu pada kulit. Selain itu dengan adanya HA, kemampuannya untuk meredakan inflamasi membuat kulit tidak mudah dihinggapi bakteri dan juga membantu proses penyembuhan pada jaringan rusak di kulit berjalan lebih cepat.

Sudahkah kalian menggunakan produk yang menggunakan HA?

Produk-produk yang banyak kita temui di pasaran dan mengandung HA di antara lain adalah Hada Labo Gokujyun, Indeed Laboratories Hydraluron dan Sulwhasoo Overnight Vitalizing Mask.