Kayla Itsines Bikini Body Guide, Badan Keren Bisa Jadi Kenyataan

Kalau ditanya siapa Instagrammer yang menurut saya paling fenomenal di tahun 2015, jawaban saya pastilah: Kayla Itsines!

Fitness coach asal Australia ini memang sudah mulai menggunakan Instagram sejak beberapa tahun yang lalu, tapi namanya makin melejit sepanjang tahun 2015 dan sampai tulisan ini saya buat, followersnya sudah mencapai 4,3 juta! Tidak hanya itu, Kayla juga mempunyai 4,4 juta fans di Facebook dan 297 ribu followers di Twitter.

But there are many fitness gurus out there on social media? What’s so special about her?

kaylaitsines1

Forbes.com

Jawabannya ada di 3 huruf ini: BBG. Yep, to those of you who have been following Kayla Itsines on Instagram, I’m sure those 3 letters ring a bell.

BBG adalah singkatan dari Bikini Body Guide, sebuah panduan olahraga yang ditulis oleh Kayla, yang akhirnya diikuti oleh ribuan (mungkin ratusan ribu?) orang di seluruh dunia, dari adek-adek umur belasan tahun sampai ibu-ibu lincah berumur 50-an. Bikini Body Guide ini dibuat oleh Kayla setelah mendengar keluhan dan pertanyaan yang itu-itu aja dari para kliennya:

“Duh sebel deh sama paha saya.”

“Pengen banget punya lengan yang kencang.”

“Gimana sih caranya supaya perut rata?”

Sounds familiar? Dari pertanyaan-pertanyaan itu ia mulai membuat serangkaian exercise routine yang tidak hanya efektif, tapi bisa dilakukan oleh siapa saja karena tidak membutuhkan banyak peralatan dan durasinya “hanya” 28 menit. Kenapa saya tulis “hanya”? I will tell you more about this later.

Awalnya BBG diperkenalkan oleh Kayla secara tidak sengaja dengan cara memposting foto Before dan After para kliennya di Instagram dan tentunya membuat para followersnya bertanya-tanya tentang jenis olahraga yang ia lakukan. Karena keseringan menjawab pertanyaan dan mulai lelah, iapun menuliskan rangkaian exercise routine ini ke dalam sebuah dokumen untuk dibagikan ke para followersnya dan itulah awal cikal bakal e-book Bikini Body Guide. Bukan hanya exercise plan, Kayla juga membuat e-book berisi panduan nutrisi yang sebaiknya diikuti untuk mendapatkan hasil yang minimal. Kalau dijalankan secara serius, kita bisa melihat hasilnya dalam 12 minggu.

KaylaItsinesBBG2

Instagram: kayla_itsines

Udah banyak sih fitness coach yang membuat buku, DVD dan training plan yang semuanya menjanjikan hasil fantastis. Tapi mungkin hanya sedikit yang bisa memperlihatkan hasil dari orang-orang yang berhasil membentuk badan yang lebih ideal dan bukan hanya 1-2, tapi ratusan! Menurut saya, ini yang membuat Kayla Itsines begitu menarik, karena before & after photos yang ia tampilkan di Instagram feednya semua dari “real people” dengan transformasi luar biasa yang #terpampangnyata!

Nggak heran ia begitu sukses, sampai tur keliling dunia, mempunyai aplikasi sendiri, alat-alat fitness dengan namanya dan e-book versi selanjutnya yang terus di-download oleh para perempuan yang ngiler dengan bikini body-nya, termasuk saya! She has truly built her own fitness empire in such a short time.

kaylaitsinesBBG1

Instagram: kayla_itsines

Yang juga menjadikan bukti kesuksesannya adalah dengan terbentuknya community (mostly in Instagram) yang terdiri dari perempuan dari berbagai belahan dunia dari berbagai kalangan untuk mendokumentasikan fitness journey mereka, mengupload foto-foto transformasi dan juga saling memberikan motivasi dan semangat kepada teman-teman mereka di komunitas ini. Coba kamu klik hashtag #BBG atau #TheKaylaMovement dan lihat ratusan ribu foto yang dipost oleh para fansnya. That’s why she is such a phenomenon.

Ngiler ngeliat foto-foto before & after di atas? Let’s find out how the training guide works!