banner-detik

workout

Kayla Itsines Bikini Body Guide, Badan Keren Bisa Jadi Kenyataan

affi

affi/ 8

seo-img-article

Bikini Body Guide Workouts terdiri dari serangkaian program olahraga untuk dijalankan selama 12 minggu, yang intensitasnya meningkat dari minggu ke minggu. Jenis olahraga dibagi tiga: resistance training, cardio dan rehabilitation (stretching).

Resistance training dibuat dalam bentuk beberapa circuit training, yaitu serangkaian gerakan (biasanya 4 jenis gerakan) yang harus dilakukan dalam waktu 7 menit. Satu session resistance training terdiri dari 2 circuit, yang masing-masing harus diulang 2 kali sehingga total durasi satu session adalah 28 menit.

Cardio session dibagi menjadi 2 tipe: LIIS (Low Intensity Steady State, seperti berjalan cepat selama 35-45 menit) dan HIIT (High Intensity Interval Training, seperti sprint selama 10-15 menit).

Stretching adalah 1 sesi di mana kita melakukan peregangan otot-otot untuk mencegah terjadinya cedera. Tentunya sangat direkomendasikan untuk melakukan stretching setiap selesai satu sesi resistance training. Dalam satu minggu, kita disarankan melakukan 2-3 kali resistance training, 2-3 cardio training dan 1 kali stretching. Jadwal ini akan ditambahkan intensitas dan frekuensinya.

kaylaitsinesworkout

kaylatisiness.com

Dari pengalaman saya mengikuti BBG, saya simpulkan bahwa ini bukan program untuk pemula atau orang-orang dengan fitness level yang minim, terutama untuk sesi resistance training. Walaupun “hanya” 28 menit, resistance training yang dirancang oleh Kayla ini cukup intens. Dijamin bikin keringetan dan ngos-ngosan. Makanya sangat disarankan untuk menyiapkan diri dulu sebelum memulai program ini, biasanya disebut pre-training, supaya badan tidak kaget. Di e-booknya sendiri Kayla telah menyiapkan program pre-training selama 4 minggu, tapi kamu juga bisa melakukan LIIS beberapa kali seminggu untuk membangun fitness level.

Saya sendiri mulai tertarik utuk ikut #TheKaylaMovement sejak beberapa bulan yang lalu. Alasannya mungkin agak shallow: saya nggak mau cuma jadi sehat aja, tapi pengen banget punya badan yang lebih toned! However,  I haven’t been able to stick to the program due to faults of my own. Beberapa kali saya mulai, baru sampai minggu ke-3 kemudian saya berhenti agak lama dan akhirnya mulai ke minggu pertama lagi. Baru minggu ini saya menguatkan niat untuk kembali memulai BBG dan bertekad bulat menyelesaikannya sampai minggu ke-12. Semakin semangat juga karena sudah lumayan banyak member Female Daily yang menjalankan BBG dan sharing di thread Kayla Itsines Bikini Body Guide di forum. I will keep you guys updated on the progress!

Kamu sendiri, apakah sudah mencoba menjalankan BBG? Do you have any transformation photos? Do share with me!

Slow Down

Please wait a moment to post another comment