banner-detik

skin care

10 Steps Korean Skin Care Routine - Ritual Perawatan Agar Kulit Wajah Halus, Bersinar

seo-img-article

 Q: Apa sih sebenarnya 10 Steps Korean Skin Care Routine? Tolong jelaskan step by step –nya?

A: Umumnya, untuk Korean Skincare Routine variatif sekali jumlah langkahnya, rata-rata 9 sampai 12 steps! Tergantung dari waktu penggunaanya, apakah untuk day skincare regime (perawatan kulit di pagi hari), night skincare regime (perawatan kulit di malam hari), maupun weekly skincare regime (perawatan kulit mingguan). Untuk lebih detailnya, saya jelaskan lebih detail based on waktu pemakaiannya ya. Dan, biasanya skincare yang digunakan dimulai dari yang liquid hingga yang lebih thick teksturnya.

Laneige Clear C Advanced Effector  2

Ritual Perawatan Kulit di Pagi Hari  (9 Steps)

  1. Foam Cleanser

Usai bangun tidur di pagi hari, biasanya wajah masih bersih. Jadi di pagi hari cukup pakai foam saja dan tidak memerlukan double cleanse.

  1. Booster

Di Sulwhasoo maupun Laneige, kita punya produk booster yang sifatnya adalah mempersiapkan kulit untuk menerima step skincare selanjutnya. Dan booster ini juga fungsinya dapat meningkatkan efektivitas maupun fungsi skincare selanjutnya.

  1. Water / Refiner

Western skin care biasa menyebut Water sebagai toner/lotion, namun umumnya di Korea, produk ini disebut sebagai water/refiner. Produk ini fungsinya untuk menyegarkan kulit, sekaligus mengembalikan pH balance pada kulit.

(Note: Di Indonesia, toner/lotion juga awam digunakan untuk kembali mengangkat residu makeup/kotoran yang masih menempel pada kulit, jadi kita juga bisa menyesuaikan dengan kenyamanan customer, apakah lebih memilih pakai toner dulu lalu booster, atau mengikuti step yang sebenarnya)

  1. Emulsion

Biasanya teksturnya agak milky namun masih seperti liquid, produk ini fungsinya mengembalikan keseimbangan kadar minyak dan air pada kulit. Sehingga kulit benar2 siap menerima skin care dengan sifat penetrasi yang lebih maksimal.

  1. Serum

Di Korea, umum sekali bagi perempuan untuk memiliki lebih dari 1 serum, tergantung dengan skin needs. Karena biasanya serum hanya fokus pada satu jenis permasalahan kulit saja. Misalnya, jika kulit terasa kering dan kusam, maka serum yang digunakan adalah serum yang dapat meningkatkan kadar air, dan serum dengan fungsi pencerah. Namun tentu serum ini tidak digunakan bersamaan, biasanya digunakan bergantian tiap harinya.

  1. Eye Cream
  2. Cream

Karena di Korea ada 4 musim, terkadang perempuan Korea juga menggunakan krim wajah yang berbeda di tiap musimnya.

  1. UV Protection
  2. Finisher

Ini adalah jenis skincare terbaru di Korea, dan pertama kali dimiliki oleh Sulwhasoo (Sulwhasoo Luminature Essential Finisher, akan segera launch di Indonesia). Finisher ini berfungsi mengakhiri skin care regime sehari-hari, dan bertugas untuk “mengunci” semua skin care benefits yang telah digunakan, agar menyerap lebih maksimal. Finisher ini juga bisa membuat kompleksi wajah lebih sempurna sebelum ber-makeup.

Ritual Perawatan Kulit di Malam Hari (10 steps)

  1. Pre-Cleanse

Menggunakan Eye&Makeup Remover atau Cleansing Oil

  1. Cleanser
  2. Booster
  3. Water/Refiner
  4. Emulsion
  5. Serum
  6. Eye Cream
  7. Cream
  8. Finisher
  9. Sleeping Mask / Overnight Mask

Sleeping Mask ini biasanya digunakan 2x seminggu, namun kebanyakan perempuan Korea sekarang menggunakan produk ini setiap hari karena sensasi relaksasinya. Dan masker ini biasanya juga bisa membuat kulit kita terlihat lebih segar dan cerah keesokan harinya.

 Jangan Lewatkan Juga Perawatan Kulit Mingguan Berikut Ini>>

Slow Down

Please wait a moment to post another comment