Anggun Cipta Sasmi dan Pentingnya Mengasah Bakat

“Masa cuma mau jadi seperti Kardashian?”

Bicara tentang penyanyi Indonesia yang berhasil meniti karier di dunia internasional, nama Anggun C. Sasmi pasti langsung terlintas di kepala. Perempuan berkulit eksotis kelahiran Jakarta ini memang merupakan salah satu penyanyi pertama yang berhasil membanggakan nama Indonesia di luar negeri, khususnya Eropa. Album multi-bahasa nya telah terjual sebanyak hampir 10 juta keping di 33┬ánegara dan Anggun telah menerima banyak penghargaan, salah satunya adalah “World’s Best Selling Indonesian Artist” yang diberikan oleh World Music Awards.

AXN_AsiasGotTalent_Anggun_AngHuiKeng_Foto

Karena tumpukan prestasi yang membanggakan inilah Anggun kemudian disandingkan dengan David Foster, Melanie C, dan Vanness Wu sebagai juri Asia’s Got Talent, ajang pencarian bakat yang ditayangkan di AXN. Anggun, saat ditemui di acara Konferensi Pers Asia’s Got Talent di Hotel Mandarin Oriental pada Kamis, 19 Maret 2015 kemarin mengaku sangat bangga melihat performa-performa yang unik dari kontestan asal Indonesia di Asia’s Got Talent. Terlebih lagi, Anggun bercerita bahwa David Foster mengatakan bakat-bakat dari Indonesia itu sangat spesial karena terlihat sangat ‘menjiwai’. Wow, coming from a super-talented musician who has been nominated for 47 Grammys and won 16, that is absolutely good to hear!

Baca juga: Girls of Rock: Anggun

anggun asias got talent

Anggun juga menceritakan perbedaan industri musik Indonesia yang dulu dan sekarang. Brand ambassador Pantene ini mengatakan bahwa zaman sekarang, untuk menjadi noticeable sudah sangat mudah karena banyak platform yang tersedia, contohnya Youtube. “Zaman aku dulu kan belum ada hal yang namanya Youtube, dimana kita bisa mengunggah video dan dalam hitungan menit sudah banyak orang yang bisa melihat. Aku sampai harus pindah keluar negeri dan kerja keras untuk memperkenalkan diriku sebagai penyanyi.” Bentuk platform seperti inilah yang ditawarkan oleh Asia’s Got Talent.

“Ajang pencarian bakat seperti ini kan fungsinya sebagai batu loncatan. Untuk seterusnya, semuanya tergantung para kontestan agar bisa memanfaatkan platform ini dengan baik. Karena itu semua hal harus ada substansinya, harus ada pesan atau meaning yang ingin disampaikan. Jangan hanya ingin tenarnya saja. Masa cuma mau jadi seperti Kardashian.” kata Anggun sambil tertawa.

Baca juga: Friday Fragrance: Grace by Anggun