Riuhnya Indonesia Fashion Week 2015 Hari Pertama

Promosi besar-besaran yang dilakukan oleh penyelenggara Indonesia Fashion Week 2015 bekerjasama dengan ratusan media rupanya berhasil menyedot perhatian banyak orang Jakarta pada event fashion tahunan terbesar ini. Hall Jakarta Convention Center yang digunakan (Hall A-B) lebih besar daripada tahun sebelumnya, tetapi dengan banyaknya pengunjung yang membludak membuat suasana di dalam pun terasa penuh. Bukan itu saja, pengunjung yang hendak menuju lokasi IFW 2015 menggunakan mobil harus ekstra sabar menghadapi antrean masuk yang cukup lama.

Hal ini juga menunjukkan animo dan antusiasme masyarakat akan fashion yang semakin besar, menjadikan tantangan bagi penyelenggara untuk menghadirkan sebuah pergelaran fashion yang berkualitas namun juga mampu memberikan fasilitas yang memadai. Lebih dari 600 booth pameran dagang, 2 fashion runway (tent) yang sangat besar, ditambah mini stage serta beberapa aktivitas dalam sebuah event, menjadikan semua orang didalamnya menjadi super sibuk dalam mobilitasnya. So, apakah kamu termasuk salah satu yang menyempatkan hadir di IFW2015 kemarin?

Banyak sekali hal menarik yang bisa dilihat dan disaksikan di acara ini. Jika belum sempat atau sudah merencanakan untuk datang (check our 10 reason to come to IFW2015), saya merangkum sedikit dari IFW2015 hari pertama yang dapat dilihat di gambar-gambar berikut.

1-ifw1

Saat memasuki tempat acara kita akan disambut zona display yang menampilkan koleksi terbaik dari beberapa desainer serta rancangan para finalis lomba Indonesia Fashion Design Competition.

1-20150226_172138

1-show2

Sebanyak 32 fashion show digelar selama event ini, yang akan menampilkan wajah fashion Indonesia ke seluruh dunia. Terdapat dua stage besar, stage 1 dengan tata panggung konvensional (bawah) dan stage 2 (atas) yang lebih bergaya dan edgy. Foto atas menampilkan koleksi dari Wignyo Rahadi, salah satu desainer senior APPMI Jakarta, dan foto bawah adalah koleksi dari Siddarth Sashankan, salah satu desainer luar negeri (India) yang ikut berpartisipasi dalam event ini.

1-IFW20151

Zona Starting Point dan Concept Point yang terdapat di koridor penghubung antara hall A dan B, adalah zona display konsep atau ide desain, yang beberapa di antaranya memang belum bisa dijual.

 

1-IFW20152

Exhibition area! Mulai dari pakaian, sepatu, tas, aksesori, baju anak yang semuanya merupakan karya Indonesia. Kita akan terpesona dengan banyaknya produk berkualitas tinggi di sini. Banyak lorong yang cukup sempit, sehingga ada baiknya tidak membawa anak-anak atau stroller bayi.

 

1-IMG20150226017

Masih di zona Concept Point juga ada booth ‘Standardisasi Ukuran’, sehingga semua brand dan desainer di sini bisa mengecek apakah produk mereka telah memenuhi standar ukuran yang ditetapkan secara bersama antara stakeholder fashion dan pemerintah.

 

1-IFW2015

Trend alert! I smell slip on shoes will make a big hit this year. Banyak booth sepatu yang menampilkan koleksi slip on shoes barunya. Mulai dari bahan kanvas, snakeskin, pony, patent hingga leather, semua ada.

Semoga Indonesia Fashion Week 2015 bisa menjadi langkah signifikan menuju cita-cita Indonesia sebagai salah satu pusat fashion dunia di tahun 2025. Dan nantikan juga laporan dari panggung runway IFW 2015 di sini ya!