Beautypedia: Alpha Hydroxy Acid (AHA) Ampuh Mengangkat Sel Kulit Mati

Alpha Hydroxy Acid (AHA) adalah kandungan senyawa kimia yang banyak digunakan pada produk kecantikan untuk membantu eksfoliasi kulit. Kandungan AHA pada produk perawatan wajah akan membantu pelepasan sel-sel kulit mati di permukaan kulit yang menyebabkan kulit tampak kusam dan tidak sehat. Penumpukan sel-sel kulit mati pada permukaan kulit akan memperburuk tampilan kulit apabila kita tidak membantu “membersihkannya” dengan cara eksfoliasi secara kimiawi. Bahkan, AHA dapat membuat “lem” yang mengikat sel kulit mati ke permukaan kulit tidak akan mempan lagi! Gone are the days of dull looking skin!

1-s2.0-S0887233311002189-gr1

Baca juga: Beautypedia: Exfoliation

Jenis-jenis AHA yang sering kita temukan pada produk kecantikan antara lain:

  1. Glycolic Acid: berasal dari gula tebu
  2. Lactic Acid: berasal dari susu asam
  3. Malic Acid: berasal dari apel
  4. Citric Acid: berasal dari sitrus
  5. Tartaric Acid: berasal dari grape wine

Kandungan-kandungan di atas banyak digunakan untuk berbagai macam kosmetik, akan tetapi untuk produk eksfoliasi kimiawi, Glycolic Acid dan Lactic Acid adalah dua kandungan yang sering digunakan dan dinilai lebih efektif ketimbang yang lainnya. Untuk mereka yang memilih kandungan alami dan vegan, Malic Acid bisa menjadi alternatif.

AHA adalah pilihan eksfoliasi kimiawi yang cocok jika kalian memiliki kulit normal atau kering, kulit rusak akibat radiasi sinar UV, atau kulit kusam. AHA bekerja efektif untuk pelepasan sel kulit mati di permukaan kulit dan juga tidak membuat kulit terasa kering dan bisa membantu menambahkan kadar air pada kulit. Oleh karena itu, AHA lebih cocok untuk semua jenis kulit ketimbang BHA untuk pilihan eksfoliasi kimiawi.

paula_schoice_skinperfecting8_ahagelexfoliant_900x900-checker

Produk dengan konsentrasi AHA sebesar 5% sampai dengan 10% dinilai paling efektif bekerja pada kulit. Pakailah produk dengan konsentrasi antara nilai tersebut untuk eksfoliasi kimiawi berkala atau mingguan. Untuk eksfoliasi kimiawi harian, bisa memilih produk dengan konsentrasi AHA sebesar kurang lebih 2%. AHA bekerja efektif pada pH antara 3 sampai 4, sedangkan pada pH di atas 4.5, kandungan tersebut dinilai tidak bekerja efektif. Oleh karena itu, pastikan produk pembersih dan toner yang kalian pakai tidak memiliki pH terlalu tinggi dan rendah pada saat memakai AHA, atau setelah pemakaian toner, biarkan wajah kering terlebih dahulu sebelum menggunakan produk dengan konsentrasi AHA tinggi. Selain itu, pastikan juga pH produk yang kalian beli berada di antara kisaran tersebut.

Produk-produk terkenal yang menggunakan kandungan AHA di antara lain adalah: Sunday Riley Good Genes, Paula’s Choice Skin Perfecting 8%AHA Gel Exfoliant, Paula’s Choice Resist Daily Smoothing Treatment with 5% AHA, REN Resurfacing AHA Concentrate, Novexpert The Peeling Night Cream. Produk-produk tersebut banyak menuai ulasan positif untuk digunakan sebagai eksfoliator berkala atau mingguan. Sedangkan untuk produk eksfoliasi harian bisa mengintip First Aid Beauty Facial Radiance Pads, Pixi Glow Tonic dan Nip & Fab Glycolix Fix Pads.