JFW 2015: Struck by Colors in Shafira Encyclo

You saw it coming. Shafira ‘memberikan’ panggung istimewa Jakarta Fashion Week  2015 ini untuk secara akbar menyambut kemunculan sister brand-nya kepada publik: Encyclo. Seolah langsung memperlihatkan kesiapan lini ready-to-wear-nya, Encyclo membawa 72 set busana yang mengalir bagaikan arus warna-warni intens.

Colorful adalah kata kunci sekaligus DNA Encyclo yang telah dirancang sejak sebelum kelahirannya pada bulan September lalu. Koleksinya tidak ragu-ragu menggunakan warna-warna dasar – bukannya netral – antara lain merahnya merah, birunya biru, kuningnya kuning. Mengiringi lautan warna koleksi Encyclo di runway kemarin rasanya seperti menyaksikan langkah percaya diri dan berani, terlebih bila dibandingkan dengan banyak desainer yang cenderung bermain aman dengan olahan serba hitam.

Encyclo juga bisa dilihat seperti potongan gaya Shafira yang lebih cuek, khas anak muda, dan apa yang selama ini rasanya ‘belum berani’ diwujudkannya; warna bold, casual dan lebih banyak mix ‘n match. Seorang Shafira-goer mungkin akan memicingkan mata melihat hebohnya tabrak warna yang terjadi: merah-biru-kuning-putih.

Komposisi gaya yang dominan adalah outerwear berupa coat dan long coat  berwarna bold tadi. Definitely a head turner. Coat yang dipadukan dengan atasan seperti tunik dan celana dengan serut di bagian ujung kaki. Aksesorisnya pun tak kalah berani; tube sling bag multicolor (masih dengan paduan dua atau tiga warna dasar), dan sepatu wedges berwarna pula. Headpiece dengan gaya headband wrap melengkapi tema liburan super seru ini.

Paduan hingga tiga warna untuk hijabers biasanya akan aman saja, asal tidak ‘disebar’ ke beberapa area yang akan membuat keseluruhan look terlihat ‘sibuk.’ Sesuai tema koleksinya, nautical blitz, paduan warna terang seperti ini akan lebih sesuai bila digunakan di alam terbuka. Akan terlihat terlalu mencolok untuk dikenakan di dalam ruangan.

Anyway, koleksi ini adalah sebuah fashion statement dari Encyclo yang sangat layak diapresiasi. Mereka membuat koleksi casual untuk young hijabers dengan sangat serius potongannya, materialnya, maupun kualitas jahitannya. This is how the young should feel: confident, carefree, and fearless. World problems can wait. ;)

So, if you look at the rows below, do you think you can pull a look? If yes, which one do you like best?  Tell me.

1-encyclo 1-encyclo1 1-encyclo2