Tried & Tested: Su:m 37 Skin Saver Essential Cleansing Foam

I’m forever in search for the perfect cleanser. Setelah sukses dengan Su:m 37 Secret Programming Essence dan juga White Award Clear Toner, saya memasukkan beberapa produk cleanser dari Su:m 37 ke dalam wishlist saya. Yang dicoba terlebih dahulu adalah Su:m 37 Skin Saver Essential Cleansing Foam.

Produk ini dikemas dalam botol dengan tutup pompa dengan ukuran 245 ml, hampir dua kali lipat kebanyakan cleansing foam yang saya miliki. Mengingat saya hanya membutuhkan satu sampai dua pompa produk untuk tiap pemakaian, this lasts me quite a while. Botolnya sendiri terbuat dari plastik tebal. Nothing flimsy.

Sum 37 Skin Saver Essential Cleansing Foam - femaledaily

Mengingat produk Su:m 37 terbuat dari hasil fermentasi, saya mengharapkan wangi produk ini agak apek atau terlalu seperti rempah-rempah. Kebalikannya, walaupun ada herbs note, akan tetapi wanginya lembut dan enak sekali. Tekstur produknya sendiri adalah gel transparan yang tidak terlalu kental. Biasanya saya akan membasahkan tangan saya terlebih dahulu, lalu membuat busa di tangan, baru kemudian meratakannya di tangan. Jika dibandingkan dengan cleansing foam keluaran Jepang contohnya dari merek Menard, Kanebo, dan Hada Labo, busa yang dihasilkan dari produk ini tidak begitu banyak dan juga tidak terlalu kental.

Tekstur sum Sum 37 Skin Saver Essential Cleansing Foam - femaledaily

Now, the moment of truth. Do I like it or not?  Saya memakai cleansing foam ini sebagai second cleanser.  Secara keseluruhan, klaim dari produk ini yang menyebutkan cocok untuk kulit sensitif sekalipun sebenarnya valid adanya. Saat saya memakai produk ini, kulit saya sedang merah-merah dan muncul beberapa jerawat. Selain itu, produk ini membersihkan kulit saya secara menyeluruh, tidak ada sisa kotoran di wajah yang saya bisa lihat di kapas pada saat saya memulaskan toner. Nah, tapi sayangnya produk ini memiliki pH di atas 7, sedangkan untuk pembersih, saya mengusahakan untuk mencari produk yang memiliki pH di sekitaran 6 agar keseimbangan pH kulit tidak terganggu dan tidak terlalu kering setelahnya. Tak hanya itu, produk ini menginggalkan perasaan agak kering di wajah setelah pemakaian, walaupun kulit saya tidak terasa tertarik.

Final word, it’s a suitable product for oily and sensitive skin, but I wouldn’t repurchase. Dari segi harga, produk ini dibanderol sekitar USD 30 di Korea Depart. Produk yang sebenarnya cukup terjangkau dari segi harga mengingat botolnya besar.