Su:m 37 White Award Clear Toner; Langkah Awal Kulit Lebih Cerah

E5000085_E01_lKorea mungkin menjadi kiblat dan surga baru untuk para beauty addicts. Selain berlimpah sekali merek kecantikan yang ada di sana, range harganya juga beragam – dari yang murah sampai mahal sekali ada. Yang menarik sebenarnya adalah produk dengan kisaran harga terjangkau pun kualitasnya sudah sangat bagus, jadi sebagai konsumen, kita juga harus bertanya-tanya kenapa harus beli yang mahal?

Setelah mencoba beberapa produk dari Su:m 37, yang termasuk merek kecantikan papan atas di Korea, saya jadi tahu kenapa harus beli yang mahal. Tidak diragukan: ada harga ada rupa. Walaupun harga produk-produk keluaran Su:m 37 jauh di atas kebanyakan produk kecantikan Korea, tapi hasilnya sangat memuaskan hati saya. Rangkaian pertama yang saya coba dari merek Su:m 37 ini adalah rangkaian white award yang menjanjikan kulit yang cerah dan sehat. Sebagai pemilik kulit sawo matang, memang saya sudah berdamai tidak ingin kulit yang lebih putih dari warna kulit saya yang sebenarnya. Tapi masalahnya, dengan kulit sawo matang, saya merasa gampang sekali terlihat kusam. Makanya produk perawatan brightening  sudah makanan saya sehari-hari.

Apa yang menyebabkan kulit sawo matang rentan terlihat kusam? Kalau dilihat secara kasat mata, biasanya kulit kusam terjadi kalau kulit teksturnya tidak baik, sehingga terlihat flat dan tidak ada glow-nya. Kalau sudah begini, kulit jadi terlihat makin hitam dari biasanya. Padahal sebenarnya tidak, buktinya saja seringkali foundation dengan warna yang sama masih bisa saya pakai kalau kondisi kulit sedang seperti ini. Nah, beberapa waktu lalu saya sempat mengalami kejadian di mana kulit saya mulai terlihat kusam. Itu sebabnya akhirnya saya mencoba menggunakan Su:m 37 White Award Line. Produk yang pertama saya gunakan saat itu adalah Su:m 37 White Award Clear Toner. Saya menggunakannya dengan mencampurnya dengan produk perawatan lain yang saat itu sedang saya gunakan untuk mengetes apakah saya cocok menggunakan produk tersebut atau tidak. Paling gampang kalau sedang mengetes suatu produk baru adalah dengan dimulai dari cleanser atau toner terlebih dahulu. Initial try beberapa hari pertama sukses saya lalui tanpa ada efek negatif.

Jika berbicara tentang tekstur produk ini sama seperti kebanyakan produk toner dari barat, cair seperti air – tidak seperti kebanyakan toner atau balancing water produk Korea lainnya. Dari baunya yang sedikit menyengat – saya curigai karena kandungan alkohol – saya langsung berasumsi kalau pemakaiannya perlu menggunakan kapas, dengan cara ‘menyeret’ kapasnya dari arah dalam ke luar wajah. Ternyata, pemakaian seperti ini berhasil! Walaupun setelah double cleansing sekalipun, saya kaget melihat kapas saya terlihat kotor berwarna coklat dan seperti ada serpihan kulit kecil di permukaan kapas. Ternyata memang toner ini berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati.

Hasilnya, setiap kali habis menggunakan toner ini, kulit saya seperti membuka lembaran baru yang lebih cerah. Terlihat nyata sekali bahwa produk ini memberikan eksfoliasi ringan harian sehingga tidak ada penumpukan sel kulit mati dan membuat kulit saya terlihat lebih cerah. Yang saya suka adalah walaupun berfungsi sebagai eksfolian harian, produk ini tidak terasa menyengat di kulit saya yang kering dan sensitif seperti kebanyakan acid toner yang berfungsi serupa dan juga tidak membuat kulit saya kering – jauh dari itu! Setelah pemakaiannya kulit terasa dingin dan kenyal.

Produk ini diperkaya oleh N-Acetyl-Phytosphingosine, kandungan aktif yang terdapat pada semua produk dari lini tersebut yang berfungsi untuk mencegah pembentukan melanin yang memiliki andil dalam warna pigmen kulit, membantu sintetesa kolagen, dan membangun kembali struktur jaringan kulit yang rusak pada permukaan dalam kulit. Selain itu, produk ini juga mengandung fermentasi ekstrak lemon yang kita tahu kaya akan vitamin C dan sangat memiliki andil dalam mencerahkan warna kulit. Diperkaya juga dengan acai berry yang mengandung antioksidan.

Tidak bisa dipungkiri, ternyata toner ini memiliki andil yang sangat besar sebagai langkah pertama dalam membuat rona kulit saya lebih cerah. Tanpa produk ini, mungkin produk dari seri white award lainnya tidak akan terlihat secemerlang yang saya rasakan sekarang ini. Walaupun toner ini tergolong mahal – rata-rata website yang menjual produk Korea menjualnya USD 60+ untuk 130 ml, tapi kalau hasilnya sebagus ini, worth to buy banget!

Moral of the story: never take anything for granted. Even a toner!

Produk lainnya dari seri white award akan saya tuliskan di artikel selanjutnya, ya! Ada yang punya pengalaman bagus dengan lini ini? Share, dong, pengalaman kalian!