Jangan Asal Copy Paste!

Pasti sering denger kan semboyan di atas ini? Sebuah pesan moral yang di ciptakan oleh Just Another Fool untuk mengajak kita menghargai karya cipta para blogger. Saya sendiri nge blog dari tahun 2000, dan sempat beberapa kali di copy paste apa yang saya tulis, belum lagi image nya sampai layoutnya. Tapi karena dulu blog nya hanya untuk konsumsi pribadi dan memang nggak banyak yang baca, jadi ya udah lah biarin aja. Kalo sekarang sih pasti nya kesal juga kalo ada yang copy paste artikel dari sini. This site is our contribution to Indonesia fashion scene, it takes time and effort to write all of the articles that’s written here, to update it and to maintain it daily and to make it what it is. Jadi kita akan sangat berterima kasih kalau apa yang sudah kita tulis di sini di hargai dan di cantumkan sumber nya kalau ada yang berminat untuk mengutip.

copycat.jpg

Coba check Friendster blog ini. Di situ ada dua postingan dari sini yang asal copy paste, judulnya aja yang di tambahin sedikit. Check juga di bagian review nya, ada dua review buku dari sini yang juga dicopy. Dari huruf pertama sampai huruf terakhir semuanya sama. Palingan cuma beberapa kata yang di hapus sedikit. Kaget juga pas liat, tapi saya masih berpikir positif bahwa mungkin dia mencantumkan Fashionese Daily sebagai sumbernya di baris paling bawah atau nyempil di tengah tengah. Tapi ternyata tidak ada sama sekali, jadi seolah olah 4 postingan itu adalah tulisannya. Dan ironisnya, yang meng copy paste itu seorang Jurnalis yang bekerja di majalah Passion dan meng-klaim diri nya sebagai seorang creative writer.

Bulan lalu juga ada yang email ke saya dan bilang kalo dia pernah baca tulisan yang berjudul Fashions Fade, Style Is Eternal di sebuah Free Magazine ibukota. Katanya sih artikelnya 100% sama, tapi sayang dia lupa majalahnya apa karena bacanya di salon dan dia visitor baru di sini, jadi dia baca artikel nya di majalah itu duluan daripada di sini. Nah, yang seperti ini juga yang kita nggak mau terjadi, takutnya malah kita yang di kira asal jiplak seenaknya.

Mungkin udah saatnya kita pasang disclaimer ya. Apalagi, di harapkan nanti nya ada yang menyumbang tulisan tulisannya di sini, jadi kita merasa perlu melindungi karya mereka juga. Copy Paste nggak di larang dan bahkan kita memperbolehkan media untuk reprint atau republish apa yang ada di sini, but please, give credit where credit is due!.

Tentu nya ini adalah sebuah¬†peringatan juga buat kita semua untuk lebih menyadari bahwa apa yang kita temukan di internet ini ada pemiliknya, kalau kita tau siapa pemiliknya, sudah kewajiban kita untuk mencantumkannya. Dan barang siapa yang asal copy paste artikel dari sini, akan di hadiahi sebuah postingan spesial tentang ‘karya’ nya!!…..and it’ll be here forever….

or at least until we can’t make the hosting payment anymore…:D